Kajian Tata Cara Bacaan Doa Sholat Dan Niat Puasa

Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita Dengan Sempurna

Mandi wajib haid adalah rutinitas setiap wanita yang pasti akan di lakukan minimal setidaknya 1 bulan sekali sebagaimana umumnya masa terjadinya haid datang setiap satu bulan. Bagi perempuan yang sedang berada pada masa tersebut memang terdapat kemurahan dalam hal beribadah di mana dia tidak boleh sholat dan tidak perlu mengqadhanya, serta tidak di perbolehkan puasa namun mesti menggantinya di lain waktu. Mengapa di katakan kemurahan sebab biasanya wanita yang sedang haid keadaan tubuhnya kurang setabil sehingga apabila melakukan aktivitas akan sedikit kurang maksimal.

Sedangkan mengenai mandi wajib sesudah haid hukumnya adalah wajib dan apabila tidak segera di kerjakan maka haram baginya melakukan peribadahan misal salah satunya adalah sholat. Sehingga karena kewajiban ini berhubungan dengan permasalahan ibadah lain sudah tentu dalam pelaksanaannya pun harus benar-benar sesuai terpenuhi segala hal yang telah di syariatkan dan salah satunya harus membaca doa mandi wajib atau populer dengan sebutan niat. Selain juga harus memenuhi tata cara yang benar dan sempurna agar mandinya tersebut sah menurut agama.

Disadari atau tidak bahwa dalam hal mengenai mandi wajib ini kebanyakan orang menganggap hal biasa sehingga mereka dalam pelaksanaannya tidak memperhatikan bagaimana panduan yang benar, mungkin beranggapan bahwa mandi wajib atau besar sama dengan pada umumnya yang biasa di lakukan sehari-hari. Padahal untuk mandi besar ini memiliki tata cara khusus yang benar-benar harus di penuhi oleh orang yang mengerjakannya dalam arti tidak hanya sebatas untuk menyegarkan badan tetapi juga ada nilai ibadah wajib di dalamnya yang harus di perhatikan dengan baik.

Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bagi Wanita Dengan Sempurna

Bahkan tidak hanya dalam mandi haid saja tetapi juga meliputi mandi junub dan setelah nifas serta wiladah (melahirkan) yaitu ada syarat rukun yang sama-sama harus di penuhi. Oleh karena itulah pembahsan ini satu persatu akan coba di perjelas bagaimana tata cara serta bacaan doa niat mandi wajib yang benar, agar dalam pelaksanaannya nanti sesuai dengan syariat agama, tidak mengerjakan asal-asalan, sehingga nanti mandipun benar-benar sempurna bernilai ibadah, dan yakin hal ini jarang di perhatikan oleh kebanyakan orang, entah tidak tahu atau bagaimana.

Untuk tata cara mandi wajib pertama yang harus di lakukan yaitu mambaca basmalah dan berniat saat basuhan pertama, kemudian terlebih dahulu membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangannya masing-masing 3 kali, lalu bersihkan dulu kemaluan dan apabila ada najis yang menempel jangan lupa bersihkan dulu, selanjutnya berwudhu sebagaimana ketika akan sholat, Selanjutnya basuhlah tubuh mulai dari pundak ke kepala dan di mulai bagian kanan terlebih dahulu, jangan lupa rambut harus di gosok-gosok agar air sampai ke kulit bawah rambut, serta kulit yang ada di bawah kuku juga harus terbasuh dengan air.

Apabila sudah yakin tubuh seluruhnya telah terbasuh air maka di lanjut dengan membasuh kedua telapak kaki hingga mata kaki, serta di sunnahkan setelah selesai melakukan mandi wajib untuk tidak mengeringkan badan dengan pengering seperti handuk biarkan kering dengan sendirinya, serta di sunnahkan juga melakukannya dengan tertib. Silahkan pahami tata cara dari mandi wajib di atas dengan baik agar bisa di amalkan pada waktunya, dan berikut adalah niat mandi haid secara lengkap.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'i khadzasil khaidi lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Sebenarnya ada banyak hal yang harus di pahami, tidak hanya sekedar niat mandi haid saja tetapi juga bagaimana hukum rambut yang jatuh atau rontok ketika haid, apakah harus di kumpulkan dan di bawa ikut mandi besar, serta apakah bagaimana hukumnya mencukur atau memotong kuku ketika haid. Akan tetapi pembahsan tersebut akan panjang sekali, mungkin lain kesempatan akan coba di erjelas lagi hingga tuntas. Dan untuk saat ini cukup sampai pembahsan cara doa niat mandi wajib setelah haid bagi wanita dengan sempurna, silahkan pelajari dengan benar.

Tata Cara Bacaan Niat Shalat Jamak Dan Qashar Takhir, Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya

Tata Cara Bacaan Niat Shalat Jamak Dan Qashar Takhir, Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya - Shalat jamak adalah salah satu satu keringanan dalam beribadah wajib 5 waktu yang boleh di laksanakan apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan yaitu harus sedang berada dalam perjalanan dan bukan bertujuan untuk maksiat. Maksud dari jamak tiada lain mengumpulkan 2 waktu shalat dalam 1 waktu baik itu di tarik ke awal atau di akhirkan yang di sebut dengan jamak takhir dan taqdim, adapun di antara shalat yang boleh di jamak yaitu maghrib, isya, dhuhur dan ashar sedangkan untuk subuh di sempurnakan.

Adapun mengenai qashar shalat yaitu meringkas jumlah rakaat yang tadinya asalnya empat menjadi di antara waktu yang boleh di qashar yaitu ashar dhuhur dan isya. Tetapi mengenai jamak dan qashar ini boleh di lakukan apabila seseorang sudah memenuhi jarak tempuh minimal seorang musafir sebagaimana yang sudah di tetapkan oleh kalangan para ulama dan kiyai dalam kitab-kitab ibadah. Adapun ketentuan jarak shalat jamak dan qashar ini yaitu 2 marhalah 81 Km / perjalanan 2 hari / 16 farshah menurut Syafi'iyyah, Malikiyyah dan Hanabilah, sedangkan hanafiyah berpendapat 3 marhalah.

Sebelum memahami tata caranya yang benar maka harus diingat terlebih dahulu bahwa jamak artinya menggabungkan 2 waktu shalat dan jumlah rakaat tetap di sempurnakan tetapi jika qashar maksudnya meringkas 4 menjadi 2 rakaat. Sehingga apabila di gabungkan keduanya yang di sebut dengan shalat jamak qashar berarti menggabungkan 2 waktu serta meringkas rakaat, misalnya niat shalat jamak takhir serta qashar dhuhur dan asar maka di lakukan keduanya pada waktu ashar dengan masing-masing 2 rakaat, dan sebaliknya untuk taqdim serta qashar.

Tata Cara Niat Shalat Jamak Qashar Takhir Dan Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya

Sementara untuk syarat diperbolehkannya shalat jamak atau qashar seperti tujuan dari perjalanan tersebut bukan untuk maksiat, harus sudah keluar dari kampung halaman atau batas desanya, dan lain sebagainya. Yang sering menjadi perbincangan yaitu bagi orang yang bertujuan bertamasya atau rereasi apakah boleh menjamak shalat? dalam hal ini karena sipatnya tidak bernilai ibadah bahkan sebaliknya mendekati maksiat, maka tidak di anjurkan untuk menjamak shalat, sedangkan yang bepergian dengan tujuan yang baik tapi menggunakan pesawat sehingga waktu tempuh lebih ringkas maka dalam hal ini boleh di jamak dan boleh juga di sempurnakan.

Sedangkan dalam hal tata cara pelaksanaan baik itu gerakan atau bacaan di dalamnya, tidak ada perbedaan dengan shalat pada umumnya yaitu di awali dengan niat sambil takhbirotul ikhram dan di akhiri salam. Adapun niatnya memang berbeda sebab niat ini menjadi pembeda antara satu ibadah dengan ibadah lainnya, seperti yang akan kita bahas di bawah nanti dengan lengkap. Dan silahkan hapalkan hingga benar-benar paham kemudian amalkan apabila memang sedang di butuhkan, mengapa hanya membahas niat saja, sebab rata-rata kebanyakan orang tahu tata cara tetapi tidak paham niatnya.

Niat Qashar Isya

أصلى فرض العشاء ركعتين مستقبل القبلة قصرا لله تعالى

Usolli fardhal isya-i rak’ataini mustaqbilal qiblati qasran lillahi ta’la

Artinya : Saya niat shalat isya dua rekaat menghadap qiblat keadaan qashar karena Allah

Niat Jamak Takhir Serta Qashar Ashar Dan Dhuhur

أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Usolli Fardho dhuhri zam'a taqdimi bil'asri qosro ro'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Saya Niat shalat fardhu dhuhur dijamak takhir dengan ashar serta jamak qashar karena allah ta'alaa.

Niat Jamak Taqdim Serta Qashar Dhuhur Dan Ashar

أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Usolli Fardho dhuhri zam'a taqdimi bil'asri qosro ro'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Saya Niat shalat fardhu dhuhur dijamak taqdim dengan ashar serta jamak qashar karena allah ta'alaa

Niat Jamak Takhir Isya Dan Maghrib

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخيرالله تعالى

Usolli fardhol maghribi salasa rok'atin majmu'an bil'isya-i zam'a takhiri lillahi ta'alaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu maghrib tiga rekaat dijama’ bersama isya’ dengan jama’ ta’khir karena Allah Ta’ala.

Niat Jamak Takhir Ashar Dan Dhuhur

أصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخيرالله تعالى

Usolli fardho dhuhri arba'a rok'atin mazmu'an bil 'asri zam'a takhiri lillahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu maghrib empat rekaat dijama’ bersama ashar dengan jama, ta’khir karena Allah Ta’ala.

Niat Jamak Taqdim Maghrib Dan Isya

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم لله تعالى

Usholli fardhol maghribi salasa rok'atin majmu'an bil'isya-i zam'a taqdimi lillahi ta'alaa.

Arinya : Saya niat shalat fardlu maghrib tiga rekaat dijama’ bersama isya’ dengan jama’ taqdim karena allah Ta’ala.

Niat Jamak Taqdim Dhuhur Dan Ashar

أصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى

Usolli fardho dhuhri arba'a rok'atin mazmu'an bil 'asri zam'a taqdimi lillahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu dhuhur empat rekaat dijamak bersama ashar dengan jamak taqdim karena Allah Ta’ala.

Niat dalam beribadah termasuk rukun yang harus di penuhi di mana apabila sengaja di tinggalkan maka di pastikan tidak sah ibadah tersebut baik itu amalan yang hukumnya sunnah atau wajib. Sehingga jika begitu maka mengetahui semua niat sholat jamak qashar takhir dan taqdim tiap waktu juga menjadi keharusan apabila ingin mengerjakannya dengan benar, silahkanbaca hingga benar-benar memahaminya dengan sempurna.

Jadwal Waktu Sholat Dan Adzan Otomatis Hari Ini Tahun 2018

Jadwal Waktu Sholat Dan Adzan Otomatis Hari Ini Tahun 2018 - Untuk seluruh indonesia meliputi jadwal sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Di antara kota yang ada pada tabel jadwal sholat sepanjang masa ini yaitu malang, bogor, karawang, solo, cikarang, jakarta, surabaya, aceh, ambon, bekasi, bandung, balikpapan, batam, bali, blitar, bengkulu, banten, cirebon, cilacap, cianjur, cikampek, cilegon, cileungsi, ciamis, ciputat, dki, depok, denpasar, jakarta, semarang, enrekang, palembang, gresik, garut, gorontalo, grobogan, gianyar, gunung putri, pontianak, magelang, indramayu,jember, jogja, jambi, jombang, padang, lumajang, lampung tengah, selatan, timur, london, medan serta kota provinsi lainnya.



Yang di maksud dengan jadwal sholat otomatis sepanjang masa abadi di sini yaitu selama setahun penuh akan selalu berubah mengikuti jadwal yang sudah di tetapkan oleh pihak pusat mulai dari bulan januari, pebruari, maret, april, mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november hingga desember 2018. Semua jadwal ini bisa di akses dari berbagai perangkat baik berupa hp android smartphone, pc komputer, laptop, dan beberapa perangkat pendukung lainnya yang suport jaringan internet secara online.

Untuk bisa mengetahui jadwal sholat dari tabel tersebut, cukup sangat mudah tinggal klik kotak yang berada di sebelah kanan "pilih kota"nanti akan muncukl nama-nama kota dan tinggal klik kota yang di maksud, maka jadwal akan langsung tamppil secara otomatis sudah termasuk jadwal waktu adzan. Mungkin jadwal seperti ini akan lebih bermanfaat bagi masyarakat yang sedang bepergian dan ingin mengetahui waktu masuk jadwal sholat di suatu daerah.

Jadwal Waktu Sholat Dan Adzan

Animasi DP BBM Gambar Ucapan Selamat Tahun Baru 2019 Bergerak Happy New Years

Gambar tahun baru adalah sesuatu yang banyak dicari oleh setiap orang yang bertujuan untuk memeriahkan tibanya awal tahun baru baik itu berupa kartu ucapan, foto lucu, berbentuk animasi bergerak, bertuliskan happy new years atau yang lainnya. Pengambilan gambar ini biasanya hanya sekedar untuk di tempelkan ada foto profil atau dp bbm dan facebook serta di jadikan sebagai status yang di kirim lewat media sosial agar bisa di lihat oleh sehabat atau teman bahkan pacar dan keluarga suami serta istri.

Menrimkan ucapan tahun baru baik dalam bentuk gambar atau kata-kata ucapan selamat sudah sangat membudaya di kalangan masyarakat indonesia terutama kalangan anak-anak muda, mungkin karena tahun baru di anggap memiliki kesan lebih istimewa yang hanya terjadi satu kali dalam setahun. Sehingga pemanfaatan dari momen yang satu ini benar-benar di apresiasi oleh sebagian besar orang-orang, bahkan yang lebih parahnya lagi saat tahun baru tidak hanya di rayakan sekedar saling kirim ucapan saja tetapi meliputi pesta dan bersenang-senang.

Memang dalam agama membuat sesuatu yang bisa menyenangkan hati diri sendiri atau untuk orang lain sangat baik dan di anjurkan, akan tetapi tetap harus pada tempatnya. Sedangkan tahun baru masehi 2019 ini tidak selayaknya di rayakan secara berlebihan oleh orang muslim karena budaya non muslim. Yakin semua orang tahu bagaimana keterangan yang detail tentang perayaan tahun baru apabila tidak di isi dengan amal kebaikan, dan hal ini harus di perhatikan oleh semua orang jangan sampai terbuai dengan kesenangannya sehingga salah dalam bertindak.

Animasi DP BBM Gambar Ucapan Selamat Tahun Baru 2019 Bergerak Happy New Years

Berbagai jenis gambar tahun barus bisa di buat dengan sangat mudah sebab sekarang perangkat untuk mendesain hal tersebut sangatlah banyak baik itu melalui aplikasi yang terdapat pada komputer atau aplikasi smartphone melalui play store. Bahkan gambarpun bisa di desain dengan sangat unik dan menarik misalnya untuk di jadikan backgrund foto sendiri yang di tempelkan kata-kata di sampingnya, lalu nanti di jadikan sebagai gambar dp, atau di buat agar bergerak berkedip-kedip beberapa contoh di antaranya seperti di bawah ini.

Animasi DP BBM Gambar Ucapan Selamat Tahun Baru 2019 Bergerak Happy New Years

Animasi DP BBM Gambar Ucapan Selamat Tahun Baru 2019 Bergerak Happy New Years

Apabila benar-benar ingin merayakan tahun baru sebaiknya pahami dulu bagaimana hukumnya dan harus seperti apa sebab kami tidak berharap apabila saudara seagama di sana terbawa arus dan ikut serta melakukan di luar ketentuan yang berlebihan, maka dari itu gambar tahun baru di atas gunakan sebaik-baiknya agar tiak berdampak jelek baik untuk diri sendiri atau orang lain. Silahkan pahami semua yang berkaitan dengan animasi dp bbm fb facebook wa whatsapp instagram twitter line gambar ucapan selamat tahun baru 2019 bergerak happy new years dan lain sebagainya.

Kata Selamat Ucapan Mutiara Tahun Baru 2019 Romantis Untuk Pacar Dan Sahabat

Kata Selamat Ucapan Mutiara Tahun Baru 2019 Romantis Untuk Pacar Dan Sahabat - Tibanya pergantian tahun baru selalu menjadi momen yang cukup istimewa bagi kebanyak orang yang selalu di sambut dengan penuh kemeriahan dan kegembiraan dan tidak hanya di rasakan oleh masyarakat indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia, bahkan tahun baru selalu di jadikan momen untuk meluapkan berbagai perasaan, sehingga tidak heran apabila kedatangan waktu tersebut selalu di tunggu-tunggu.

Namun harus diakui bahwa perayaan tahun baru baik yang di simbolkan dengan adanya pesta kembang api atau yang lainnya menyisihkan sebuah pemandangan yang pro dan kontra terutama di kalangan kaum muslim sebab penyambutan tahun masehi bukanlah budayanya bahkan tegas di larang. Tetapi tetap saja perayan tahun baru dari waktu-kewaktu semakin semarak bahkan saat ini tidak hanya di sambut dengan kembang api aja tetapi juga bertambah aktivitas lain misal salah satunya saling mengirim ucapan tahun baru yang di sebarkan kepada teman-temannya atau sahabatnya.

Penyambutan tahun baru sekarang ini sudah menjadi budaya masyarakat indonesia yang nampak akan susah untuk di rubah sebab jika dilihat perayaan ini tidak di sambut oleh orang dewasa saja tetapi anak kecil yang baru akan menginjak dewasa juga ikut serta mengenal bagaimana para seniornya merayakan tahun baru. Sehingga sudah pasti kedepannya perayaan tahun baru ini akan susah di rubah kepada hal yang lebih baik.

Kata Selamat Ucapan Mutiara Tahun Baru 2019 Romantis Untuk Pacar Dan Sahabat

Dalam perayaan tahun baru sebenar bisa saja di lakukan dengan cara yang lebih baik misalnya berdoa memohon harapan agar segala cita-cita tercapai, masa depan lebih baik, saling memberi saran motivasi dan hal-hal lainnya. Apalagi sekarang bisa memanfaatkan media sosial baik itu fb atau bbm bahkan wa dan sms, sehingga sarana tersebut bisa lebih baik di manfaatkan untuk saling mengingatkan antara satu dengan yang lain agar tahun baru tidak di rayakan dengan berlebihan apalagi yang bisa menimbulkan dampak negativ baik pada diri atau orang lain.

1. Hidup ini cuman sebentar..sebentar kita banyak duit..sebentar kita bokek…sebentar kita senang..sebentar kita sedih…sebentar kita ketawa..sebentar kita nangis…eh.. sebentar lagi tahun baru nih…hepi new year yeah…

2. bip..bip… bunyi sms masuk…buka dulu dong…toet…toet..bunyi terompet…hepi new year 2019…udah ya mau niup terompet lagi nih…toet..toet..toe..

3. Ga terasa, bentar lagi ningalkan 2019…baik dan buruk tlah dilewati..berharap yg terbaik ja di taun yang baru nanti.. amin..

Buka hati dapat cinta buka tangan dapat persahabatan buka mata dapat pemandangan buka handphone dapat pesan buka pesan dapat ucapanselamat tahun baru 2014 Tet tret tet … Selamat Tahun Baru ..Selamat tinggal pada 2019 dan menyambut ke tahun baru 2019..Semoga tuhan memberkati kita ..semoga tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu,

4. Detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad, terus berganti dengan jaman yang selalu berubah, semoga cinta kita kan tetap abadi selama napas ini berhembus hingga ajal menjemput.

5. Jam 10 jam 11…waktu begitu cepat berlalu…selamat tinggal 2019….Selamat datang 2019…happy new year…semoga sukses selalu…makan eskrim rasa stroberi…minum kopi di cangkir…sempatin kirim sms sana-sini…cuman mau ngucapin hepi new year…

6. Dukun pijat makan tebu di pasar baru….kupanjatkan doa ..semoga sukses selalu di tahun baru…

meskipun kamu pernah bilang orang ganteng dilarang kirim sms ke kamu…tapi aku tetap nekad mengirim sms selamat tahun baru ini karena ku care n kangen ma kamu…hehe..heppy new year 2019

7. Masa lalu adalah sejarah,hari ini adalah goresan,hari esok adalah harapan.Selamat datang sms tahun baru 2019.

8. Amat bermain layang-layang…sambil makan kerupuk…Met tahun baru sayang…cepetan nikah yukk…

9. Jalan jalan di pantai anyer…melihat pantai dan arakan awan..happy new year 2019… selamat tahun baru kawan..

10. Masa lalu adalah kenangan…masa kini adalah kenyataan…masa depan adalah harapan…selamat tahun baru 2019…selamat tinggal kenangan..selamat datang harapan…

11. Berbagai lembaran kehidupan di tahun-tahun yang lalu terlah kita lalui, coretan di tahun lalu telah penuh terisi, namun terkadang semua itu tak berarti tanpa makana. Semoga di tahun 2019 ini lembaran baru kita isi dengan coretan penuh makna dan bermanfaat untuk mencapai sukses yang didambakan.

12. Meskipun banyak yang bilang aku keren…baik hati, suka menolong… dan kayak artis..tapi aku tak pernah lupa mengirim sms tahun baru wat sahabatku…hehe… hepi new year 2019.

13. ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ123456789*#2019.. sory cuma ngetes tombol hp…sekalian mau ngucapin selamat tahun baru 2019.. happy new year…2019.

14. Beli tahu di pasar baru…tahun baru semangat baru…happy new year..2019

15. Makan tomat bareng kangguru Ada Ikan beku di peti SELAMAT TAHUN BARU!Semoga selalu sukses

16. Minum kopi di cangkir Cangkirnya berwarna putih Heppy New YEaR 2019

17. wahai kekasih hatiDi sekolah di ajar bu GuruDi pagar sekolah ada tukang bakwanMending ucap selamat tahun baruSupaya bisa terus makan bakwan! (Maksa…hehehe…=)))Selamat tahun baru 2019 Semoga selalu dapat temen baruRejeki baruTapi bukan istri dan pacar baru!

18. Semoga di tahun ini, semua impian kita untuk mengarungi bahtera kehidupan bersama dengan penuh rasa kasih sayang dalam suatu ikatan suci rumah tangga, segera terwujud sayang!

19. Dengan tulus kami sekeluarga ucapkan selamat tahun baru 2019 Sukses selalu menyertaimu Dan sampai jumpa di tahun 2019

20. Matahari menyelinap dibalik bukit,sembunyikan kenangan hidup,menyimpan lembaran usang, menyambut hari-hari muda, sebentar lagi ‘kan menjelang.Selamat datang sms tahun baru 2019, harapan baru dan perubahan.

21. Keluar dari mobil setelah di parkir Melihat gadis cantik sekali Heppy new year Oh kekasih hati!

22. Jalan-jalan naik pedatiMenikmati pemandangan nan indahTidak terasa tahun kan berganti Semoga saja tahun nan indah Sukses selalu di tahun 2019 nanti!

23. Hidup ini terlalu singkat untuk mengharapkan cinta dari orang yang tak pasti, di tahun baru ini semoga Tuhan mempertemukan dengan orang yang terbaik dengan ketulusan cinta untukku.

24. Seiring dengan perginya kenangan, menyambut harapan.Selamat tinggal kenangan, selamat datang harapan. Malam ini ‘kan berlalu, minggu ini ‘kan beranjak,bulan ini akan pergi, tahun ini ‘kan meninggalkan. Sejarah kehidupan, catatan suka dan duka,menyongsong tahun baru.Selamat tahun baru 2019.Semoga selalu jaya dan sejahtera.

Sebenarnya sejak berkembang pesat dunia telekomunikasi yang lebih canggih dan bisa dengan mudah di miliki setiap lapisan masyarakat, saling mengirin ucapan selamat pun tidak hanya di lakukan saat tahun baru saja, akan tetapi juga di lakukan untuk ucapan ramadhan ketika bulan puasa datang. Mohon maaf apabila pembahsannya memang kurang berkenan di hati para pembaca, silahkan lihat saja semua yang ada pada kata selamat ucapan mutiara tahun baru 2019 momantis untuk pacar dan sahabat serta yang lainnya.

Kata2 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah 2019 M

Sebentar lagi umat muslim akan di pertemuan dengan salah satu bulan penuh kegembiraan yaitu terjadinya pergantian tahun yang bertepatan dengan tanggal 1 muharram menurut kalender hijriyah. Tentu hal ini akan menjadi salah satu momen sangat istimewa bagi kita umat islam sebab tidak hanya akan mengucapkan selamat tinggal masa lalu tetapi juga selamat datang masa depan.

Bulan muharram ini sangat di tunggu-tunggu kedatangannya oleh segenap umat islam di seluruh penjuru dunia, sebab bukan hanya mereka akan berlomba-lomba untuk bisa memperbanyak amal kebaikan tetapi juga akan di pertemukannya dengan salah satu bulannya allah yang sangat di agungkan. Karena semua amalan yang di lakukan pada saat tersebut maka akan di lipat gandakan pahalanya seperti halnya puasa asyura dan tasua yang bisa menghapus dosa selama setahun.

Tidak hanya sampai di situ saja tetapi bulan muharram juga menyisakan berbagai peristiwa atau sejarah penting dalam penyebaran agama islam seperti hijrahnya nabi serta kisah-kisah mulia lainnya. Sehingga dengan begitu banyak sekali pengetahuan dan pembelajaran bagi umat muslim yang bisa di gali di bulan ini yang mana hal tersebut akan membuahkan sebuah keteguhan dan kecintaan seorang hamba terhadap agamanya.

Kata2 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah 2019 M

Dari itulah umat muslim selalu menyambut dan merayakan kedatangan bulan tersebut dengan cara melakukan berbagai macam hal aktivitas yang menjadi bukti dari kegembiraannya salah satunya yaitu adanya saling mengirin kata ucapan tahun baru islam yang bisa menjadi sbuah motivasi bagi yang menerimanya baik itu keluarga teman(sehabat) paca atau kekasih dan yang lainnya.

1. ‘Selamat tahun baru hijrah 1440, semoga kita bisa hijrah dari syirik menuju tauhid, dari munafik menuju sidiq, dari cinta dunia menuju cinta akherat’

2. Selamat tahun baru hijriyah Semoga hijrah ke arah yang lebih baik tahun ini

3. ‘Semoga tahun baru Islam 2019 kita akan lebih mantap selalu beriman dan bertaqwa ditahun baru hijriyah 1440 ini dan tahun yang akan datang’

4. Meskipun tanpa kembang api, meskipun tanpa diwarnai dengan dansa-dansa, kuyakin tahun baru Hijriah lebih bermakna dari acara tahun-tahun baru serupa, met tahun baru 1440 H.

5. Selamat tahun baru islam Semoga lebih mantap beriman dan bertaqwa

6. ‘Semoga kita semua memperoleh Hijrah kepada kehidupan dan amal yang lebih baik di tahun baru Islam 2019 Ini’

7. Sucikan Jiwa, murnikan hati, mari mengucapkan basmalah untuk pertama kalinya menapaki tahun baru 1440 H.

8. Indahnya bulan muharrom semoga menyinari hidup kita Untuk selalu beribadah kepada Allah SWT

9. Satu tahun telah kita jalani, semoga amal-amala kita pada taun lalu bisa ditingkatkan, dan amalan tercela kita tahun lalu dapat ditinggalkan, selamat tahun baru hijriah 1440 H.

10. Apalah arti tahun baru bila tanpa semangat baru Selamat tahun baru islam

‘11. Membuka hati dapat cinta, membuka tangan dapat persahabatan, membuka mata dapat pemandangan, membuka handphone dapat pesan, membuka pesan dapat ucapan “Selamat Tahun Baru Islam 1 muharram 1440 Hirjiriyah”‘

12. Bintang-bintang berkedip indah, Menggoda bulan yang masih malu-malu, Selamat Tahun Baru Hijriah 1440 H, Buat engkau yang ada dihatiku...........

13. Happy new year hijriyah Semoga kita semua dapat hijrah ke kehidupan yang lebih baik

14. ‘For last year’s words belong to last years language N next year’s words await another voice. And to make end is to make a beginning. May Allah SWT, Bless You A HAPPY ISLAMIC NEW YEAR 2019 1440 Hijriah.

15. Bulan sabit tersenyum ramah, Didampingi Bintang-bintang nan indah, Selamat Tahun Baru Hijriah 1440 H, Semoga Tahun ini lebih berkah

16. Selamat tahun baru hijriyah Semoga tahun ini lebih baik dan indah dari pada tahun-tahun sebelumnya

17. Sahabat dihari pertama Muharram ini, ijinkanlah aku memohon maaf atas segala khilafku selama ini, karena aku ingin kedepannya aku tidak akan pernah berbuat kesalahan lagi, selamet taun baru islam 1440 H.

18. Hari berganti
Bulan berganti
Tahun pun berganti
Tahun baru, harapan baru, semangat baru
Selamat tahun baru hijriyah

19. Menunjukkan maksud hatiku , Walau tahun berganti baru Cintaku untukmu tetap seperti dulu , Selamat Tahun Baru Hijriah 1440 H.

Sekarang ini segala hal bisa di lakukan dengan sangat mudah terlebih setelah tekhnologi smatphone sudah bisa di jalankan oleh semua kalangan sehingga tahun baru dalam rangka menyambut tahun baru islampun bisa dengan mudan di lakukan baik itu lewat fb, whats app, bbm, instagram, sms serta media sosial lainnya. Yang paling unik beragam isinya pun sangat bervariasi ada yang berupa kata hikmah, puisi, pantun kocak, berisi motivasi, doa serta yang lainnya.

Teks Khutbah Jum'at Bulan Rabiul Awal Tentang Menyambut Maulid Nabi Muhammad Saw 2019

Teks Khutbah Jum'at Bulan Robiul Awal Tentang Menyambut Maulid Nabi Muhammad Saw 2019 - Bulan rabiul awal atau sebagian besar umat islam menyebutkan juga dengan panggilan maulud adalalah bulan di mana menjadi waktu yang begitu bersejarah serta tidak mungkin akan bisa di lupakan begitu saja hingga akhir jaman sekalipun. Kenapa? karena sesungguhnya pada bulan ini telah di lahirkan seorang untusan allah yang membawa seluruh umat pada kebenaran dan membimbing manusia pada kebaikan yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul awal tahun Gajah menurut sejarah yang masyhur.

Ketika bulan rabiul awal datang, umat islam di seluruh dunia akan merasa bangga sekali serta mereka menyambutnya dengan berbagai rasa suka ria dan mengisi bulan ini dengan amalan kebaikan mulai mengadakan pengajian khusus untuk membahas kelahiran nabi dan sifat baginda nabi saw hingga membagikan atau mengeluarkan banyak shadaqah dan menyantuni fakir miskin dan anak yatim serta masih banyak lagi yang lainnya.

Memang tidak bisa di pungkiri, bahwa bulan rabiul awal ini sudah patutnya di kenang dan selalu di sambut dengan baik karena di dalam bulan ini telah terjadi banyak peristiwa besar yang berhubungan langsung dengan perjuangan agama islam. Sehingga apabila terus di budayakan dan di kenalkan kepada anak cucu serta umat islam lainnya, maka bisa menumbuhkan keimanan dan kecintaan dia lebih kuat terhadap nabi dan agamanya.

Teks Khutbah Jum'at Bulan Rabiul Awal Tentang Menyambut Maulid Nabi Muhammad Saw 2019

Begitu juga bagi seorang khotib yang di berikan tugas untuk menyampaikan khutbah singkat pada jum'at bulan rabiul awal, maka sepatutnya untuk mengambil judul yang berhubungan misal seperti kelahiran baginda nabi, atau peristiwa penting lainnya. Tujuannya agar menjadi pengingat bagi mereka bahwa nabi di lahirkan pada bulan ini, serta menjadi sejarah yang bisa menumbuhkan kecintaan kepada beliau.

Memang tidak bisa di pungkiri membawakan pembahasan khutbah atau misalnya pidato. merangkai kata agar bisa mudah di pahami jamaah bisa di bilang cukup sulit apabila tidak di memiliki keahlian dalam berbicara atau bahasa. Oleh karena itu kami di sini mencoba untuk mempasilitasi, mudah-mudahan saja bisa di terima dan di jadikan oleh para khatib di jumat ini, silahkan ambil dan sampaikan.

اَلْـحَمْدُ للهِ الّذِي أَرْسَلَ رسُولَهُ بِالْـهُدَى وَدِيْنِ الْـحَقّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيدًا ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، إِقْرَارًا بِهِ وَتَوْحِيدًا، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه لاَ نَبـِيَ بَعْدَهْ، اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيْدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آله وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا مَزِيْدًا. أمّا بعد, فياأيها الْمسلمون أوصيكم وإياي بتقوى الله عز وجل فقد فاز الْمتقون.
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحـمن الرحيم. يَا أيُّهَا الَّذِيْنَ آمنُوا اتَّقُوا الله وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدْ واتقوا الله إِنَّ اللهَ خَبِيرٌ بِـمَا تَعْمَلُوْنَ.

Hadirin Ahli Jum'at Yang Di ridai Allah

Pada kesempatan yang mulia ini, melalui mimbar khutbah jum'at ini, saya berwasiat kepada diri saya peribadi dan kepada para jamaah sekalian, marilah terus menerus berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada allah swt, dengan menunaikan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Dan marilah kita selalu meningkatkan kewaspadaan dalam kehidupan ini, agar kita tidak terseret oleh rayuan setan dan bujukan nafsu yang akan menggelincirkan kita kepada kehinaan dan kenistaan. Karena dengan iman dan taqwa kita akan mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan yang besar di dunia dan akhirat. Kita tingkatkan kecintaan dan kesadaran kita terhadap anak-anak yatim, agar kita termasuk orang yang bisa bersama nabi muhammad saw di dalam surga allah swt kelak di hari kemusian, Amiin.

Hadirin Ahli Jum'at Yang Di ridai Allah

Rosululloh saw adalah orang yang paling berjasa kepada kita, sebab tersebab beliau kita berada pada jalan yang lurus, jalan keselamatan yaitu dinul islam. Di gambarkan dalam Al-Qur'an bahwa manusia sebelum di utusnya beliau telah berada di tepi bibir jurang neraka, lalu sebab di utusnya beliau dapat di selamatkan.

وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ وَٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوَٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

WA'TASIMU BIHABLIL LAAHI JAMI'AAN WALAA TAFARROQUU WADKURUU NI'MATALLOHI 'ALAIKUM IDKUNTUM A'DAAN FA ALLAFA BAINA QULUUBIKUM FA ASBAHTUM BINI'MATIHII IKHWAANAN WAKUNTUM 'ALAA SYAFAAHUFROTIN MINAN-NAARI FA ANGQODAKUM MINHAA KADAALIKA YUBAYYINUL LLAAHU LAKU AAYAATIHII LA'ALLAKUM TAHTADUUNA (QS.Ali-Imran:103)

Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali agama allah dan janganlah kamu bercerai berai dan ingatlah akan nikmat allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka allah mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu karena
nikmat allah orang-orang yang bersaudara dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu allah menyelamatkan kamu dari padanya, demikian allah menerangkan ayat-ayatnya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk (Qs.Ali-Imran:103)


Sebagai seorang nabi, beliau sangat sayang dan tidak tega terhadap umatnya berada dalam kenistaan dan kesesatan, Beliau berjuang keras demi keselamatan umatnya samapai menjadi umat yang terbanyak dan paling dahulu masuk surga dari pada umat-umat yang lain. Sekalipun beliau nabi terakhir.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

LAQOD JAA AKUM ROSUULUM-MIN ANGFUSIKUM 'AZIIZUN 'ALAIHIMAA 'ANITTUM HARIISUN 'ALAIKUM BIL MU'MINIINA ROUFUR ROHIIM

Artinya : Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rosul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan)bagimu, amat belas kasih lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin (QS.At-Taubat:128)

Hadirin Ahli Jum'at Yang Di ridai Allah

Beliau adalah seorang rosul yang paling agung dan mulia di antara para rosul lainnya, Anugrah dan kenikmatan allah yang paling besar di berikan kepada hambanya adalah berupa di utusnya nabi muhammad saw, hal ini sebagai mana di nyatakan dalam firman allah swt :

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

LAQOD MANNALLOHU 'ALAAL MU'MINIINA ID BA'ASA FIIHIM ROSUULAM MIN ANGFUSIHIM YATLU 'ALAIHIM AAYAATIHII WAYUJAKKIIHIM WAYU'ALLIMUHUMUL KITAABA WALHIKMATA WA INGKAANUU MINGQOBLU LAFII DOLALIM-MUBIININ

Artinya : Sesungguhnya allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika allah mengutus di antara mereka seorang rosul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat allah, membersihkan jiwa mereka dan mengajarkan kepada mereka al-kitab dan al-hikmah. Dan sesungguhnya sebelum kedatangan nabi itu mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata (QS.Ali-Imran:164).

Rosululloh saw telah memenuhi hati orang mukmin dengan keimanan, keyakinan dan hikmah, menancapkan dasar-dasar keadilan sosial, kasih sayang dan kedamaian, sehingga meniscayakan timbulnya rasa cinta. Dan sebagai orang yang tahu balas budi tentu dengan sendirinya orang yang paling kita cintai adalah rosululloh saw. Nabi Saw Pernah bersabda Yang artinya :

"Dari annas bin malik, ia berkata bahwa rosululloh saw bersabda, Tidaklah beriman secara benar dan sempurna seseorang di antara kalian sehingga aku lebih di cintai olehnya dari pada kecintaannya terhadap anak dan orang tuanya, serta kepada manusia semua (HR.Muslim).

Hadirin Ahli Jum'at Yang Di ridai Allah

Kecintaan kepada nabi saw, haruslah di aktualisasikan dalam bentuk sikap dan perbuatan dengan meneladani dan mengikuti sunnah beliau, karena ujung dari rasa cinta itu adalah peningkatan kualitas diri dalam pengamalan ajaran agama islam yang beliau ajarkan. agar kita kelak mendapat syafaa'at beliau dan bersamanya di dalam surga.

Allah swt berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

QUL INGKUNTUM TUHIBBUUNAL-LLOHA FATTABI'UNII YUHBIBKUMULLOHU WA YAGHFIRLAKUM DUNUUBAKUM WALLOHU GHOFURRUROHIIM

Artinya : Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai allah, ikutilah aku, niscaya allah mengaasihi dan mengampuni dosa-dosamu. (QS.Ali-Imran:31)

Di sebutkan dalam sabda nabi yang di riwayatkan oleh sahabat Anas Bin Malik, bahwa beliau pernah bersabda"Barang siapa yang mencintai sunnahku, maka sungguh ia telah mencintai aku, dan barang siapa yang mencintai aku maka ia akan bersamaku di dalam surga".

Dalam hadist lain yang di riwayatkan oleh aisyah r.a. juga di sebutkan "Barang siapa yang mencintai rosululloh saw, tentu ia memperbanyak bershalawat kepada nabi saw, sebagai buahnya adalah memperoleh syafa'at beliau, dan dapat menyertai beliau di dalam surga.

Hadirin Ahli Jum'at Yang Di ridai Allah

Demikian khutbah yang saya sampaikan pada kesempatan ini, mudah-mudahan di sertai hidayah allah swt, sehingga ada guna dan manfaatnya, Dan mudah-mudahan kita tergolong orang yang mencintai nabi saw, dan akan masuk surga bersama beliau, amiin.

بَارَكَ الله لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْأنِ الْكَرِيـْم وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِـمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَياَتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْم وَتَقَبَّل الله مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ.

Teks di atas hanya sebatas rekomendasi untuk di jadikan panduan, sehingga apabila isi dari khutbah maulid nabi kurang begitu memuaskan pembahasannya menurut kalian, maka silahkan variasikan lagi masing-masing dalam bahasanya. Dari kami mohon maaf apabila banyak kekurangan dari ada yang ada dalam teks khutbah jum'at bulan rabiul awal tentang menyambut maulid nabi muhammad saw 2019 hikmah singkat padat dan jelas serta yang lainnya.