Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa qunut adalah kumpulan dari kalimat doa yang berada pada sholat tertentu dan dibagi berdasarkan tiga jenis yaitu subuh, nazilah dan witir. Mayoritas umat islam yang bermadzhab syafi’iyyah, dan juga waraga nahdlatul ulama (nu) memiliki pandangan bahwa amalan ini merupakan sunnah yang harus di lakukan pada sholat yang sudah di tentukan, pastinya pemahaman ini berdasarkan dalil kuat terutama tercantum dalam hadits. Karena memang tidak dapat di pungkiri bahwa permasalahan qunut ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai doa qunut dan bagaimana tata cara serta hukumnya, maka terlebih dahulu harus di ketahui bagaimana pengertian dari masing-masingnya. Pertama qunut subuh adalah qunut yang berada di setiap sholat subuh pada rakaat kedua setelah berdiri dari ruku atau sesudah membaca doa 'itidal sebelum turun untuk sujud, di bacakan oleh imam jika berjamaah dan di bacakan sendiri apabila munfarid mengerjakan sholatnya begitu juga pada untuk nazilah serta witir yaitu ketika 'itidal.

Kedua nazilah yaitu qunut yang di bacakan setiap sholat fardhu pada rakaat terakhir, dengan syarat apabila sedang terjadi suatu musibah balai dan sejenisnya kepada umat muslim baik itu terjadi di tempat sendiri atau jauh di luar sana misalnya yang baru-baru ini qunut nazilah untuk palestina dimana muslim di sana sedang di perangi oleh kaum kafir, rohingya, al aqsa dan lain sebagainya. Apabila tidak sedang terjadi apa-apa seperti yang di sebutkan di atas, maka sebaiknya qunut nazilah ini tidak di bacakan.

Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

Adapun untuk yang ke tiga qunut witir yaitu qunut yang berada pada sholat witir sepertengah terakhir bulan ramadhan pada rakaat terakhir, waktu membacakannya sama seperti pada subuh dan nazilah ketika 'itidal. Yang di maksud dengan sepertengah terakhir, di mulai sejak tanggal 15 atau 16 ramadhan hingga tanggal akhir tidak di mulai sejak awal. Dan umumnya umat muslim melakukan sholat witir ini di sambung sesudah selesai tarawih dengan jumlah rakaat mulai dari tiga hingga seterusnya.

Hukum Doa Qunut

Macam-macam qunut dalam sholat yaitu subuh nazilah dan witir menjadi suatu hal yang memang harus di bahas dengan baik sebab dalam qunut ini sudah jelas terjadi perbedaan pendapat dari kalangan ulama empat madzhab maliki, syafi'i, hanbali dan hanafi antara sunnah atau tidak. Meski pada dasarnya masing-masing dari perbedaan tersebut memiliki dasar dalil yang bersumber pada hadits menurut pemahaman masing-masing, dan jika sudah begitu adanya maka tidak selayaknya untuk di permasalahankan, alangkah baiknya seperti itu.

Untuk permasalahan qunut memang memiliki perbedaan pendapat dari kalangan 4 madzhab syafi'i, maliki, hanafi dan hanbal. akan tetapi jika mengacu pada pendapat ulama syafi'i maka kesemua jenis qunut adalah sunnah jika pada subuh di lakukan setiap waktu subuh, untuk nazilah di kerjakan setiap sholat fardhu ketika ada sebab misalnya musibah atau bala kepada kaum muslim, dan witir dari pertengahan tanggal ramadhan hingga akhir, lalu bagaimana dalilnya tentang qunut subuh tersebut, baiklah berikut salah satu hadits yang di riwayatkan oleh Anas bin Malik R.A.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكِ قَالَ مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِى اْلفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه أحمد)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A “Beliau berkata, “Rasululloh senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad).

Bahkan selain salah satu hadits di atas, masih banyak lagi keterangan lain baik itu berupa hadits atau secara langsung di jelaskan dalam kitab-kitab karangan para ulama yang menyatakan bahwa qunut adalah sunnah, serta hadits di atas juga di shahihkan oleh banyak pakar hadits. Setelah mengetahui sedikit ulasan dari hukum qunut maka sekarang lanjut pada bacaan qunut yang akan di amalkan nanti pada waktunya, berikut adalah kalimatnya.

1. Doa Qunut Subuh

Untuk qunut subuh di lakukan setiap sholat subuh lataknya pada rakaat kedua setelah berdiri dari ruku sebelum turun untuk sujud tepatnya pada waktu 'itidal. Jika berjamaah maka doa ini cukup di bacakan imam serta makmum hanya mengamini saja, tetapi apabila sholatnya sendiri maka qunut di baca sendiri. Seandainya apabila doa qunut lupa tidak di baca pada sholat subuh maka harus melakukan sujud sahwi sebanyak 2 kali sujud sebelum salam

Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

2. Doa Qunut Witir

Mengenai qunut witir hanya terdapat pada bulan ramadhan saja yaitu mulai pertengahan tanggal hingga akhir ramadhan setiap sholat witir, umumnya orang-orang melakukan sesudah sholat tarawih langsung witir. Untuk waktu pembacaannya yaitu pada rakaat terakhir, misalnya apabila witir di lakukan hanya 3 rakaat maka qunut berarti di bacakan pada rakaat ketiga ketika 'itidal sebelum sujud, berikut adalah bacaannya.

Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

Untuk Kedua bacaan qunut di atas yaitu subuh dan witir memang sama bacaannya, tetapi tulisan doa di atas untuk di bacakan sendiri sendiri, sedangkan jika bagi imam maka mengganti lafadz berhargak kasrah di ganti menjadi (NA) msalnya "Allah hummah dinii, menjadi Allah hummah dina" dan seterusnya. Serta di dalam qunut subuh si imam ketika di tengah-tengan bacaan ada beberapa kalimat yang di bacakan tidak keras yaitu pada Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik. Wainnahu laayadzilu man walait. Walaa ya'izzu man 'aadait dan makmum juga sama membaca ini ketika imam diam tersebut.

3. Doa Qunut Nazilah

Seperti yang telah di ulas pada paraghraf di atas untuk qunut nazilah ini di bacakan setiap sholat fardhu 5 waktu sama pada rakaat terakhir, tetapi di bacakannya dengan syarat apabila sedang terjadi hal-hal yang dapat membahayakan umat muslim baik itu berupa penyakit, bala, penindasan dan semisalnya, contoh yang nyata misalnya yang sudah terjadi beberapa waktu lalu pada umat muslim palestina, rohingya maka umat islam indonesia di anjurkan membaca doa qunut nazilah, sedangkan untuk mengenai bacaannya bisa di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang sedang terjadi di mana, atau seperti contoh di bawah ini.

Hukum Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Nazilah Witir Pendek Latin Dan Artinya

Setelah menyimak penjelasan dari hukum bacaan doa qunut sholat subuh nazilah witir pendek latin dan artinya di atas, maka silahkan bagi anda yang belum paham bacaannya segera hafalkan agar nanti bisa langsung di amalkan. Dari kami cukup sekian dan sebelumnya mohon maaf apabila dalam pembahasan di atas ada banyak kekurangan dari berbagai halnya terutama pembahasannya kurang komplit dan tidak begitu detail, meskipun hanya sekilas mudah-mudahan saja menjadi pemahaman yang baik bagi para pembaca semua.

Advertisement