Cara Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya

Cara Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya - Di antara salah satu dari sekian banyak puasa sunnah yang di anjurkan, hari senin kamis termasuk yang memiliki keunggulan lebih, bahkan keutamaan dan manfaat serta hikmah yang terdapat pada amalan ini sangat besar sekali apabila selalu dengan rutin bisa di kerjakan, tidak hanya sebatas bernilai ibadah tetapi juga menjamin pada ketenangan hidup seseorang. Sehingga wajar saja apabila puasa senin dan kamis ini begitu populer di kalangan umat islam meski tidak semuanya bisa mengerjakan.

Anjuran dari puasa senin dan kamis ini tidaklah hanya sebatas dari ijtihad para ulama, akan tetapi menjadi sunnah rasul yang mana beliau semasa hidupnya paling menyukai mengisi hari senin dan kamis dengan ibadah dan tentunya berbeda dengan puasa nisfu sya'ban atau sejenisnya. Sebagaimana dalam beberapa penjelasan bahwa mengenai puasa dua hari yaitu senin dan kamis tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama bahwa mutlak hukumnya sunnah yang di anjurkan pelaksanaannya serta pahalanya sangat luar biasa.

Dalam salah satu hadis dijelaskan bahwa pada hari senin dan kamis merupakan waktu di perlihatkannya semua amalan manusia kehadapan allah swt, sehingga nabi melaksanakan puasa ini sebab beliau ingin ketika amalnya di perlihatkan berada dalam keadaan yang baik dan suci. Melihat penjelasan ini yakin dan pasti bahwa puasa sunnah ini memiliki keunggulan dan keutamaan serta peran sangat penting bagi setiap manusia terutama umat islam yang di tuntut untuk berlaku sebagai mana yang rasul kerjakan atau selaras dengan sunnah-sunnahnya.

Waktu Tata Cara Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dan Manfaatnya Untuk Kesuksesan

Adapun mengaitkan manfaat puasa senin kamis dengan kesuksesan dalam hal duniawi atau ukhrawi bahkan jodoh, maka sudah pasti segala kebaikan akan di dapatkan. Logikanya seperti ini, siapa saja yang terus menerus taat kepada allah swt menjalankan perintah dan rasulnya maka segala sesuatu akan di permudahkan sehingga tidak hanya selamat di dunia saja tetapi juga akhirat dan yang pasti hidupnya akan selalu di berkahi karena setiap apa yang di kerjakan oleh orang yang taat kepada allah dan rasulnya akan selalu mendapatkan bimbingan ridhonya.

Apalagi jika menghubungkannya dengan kesehatan baik itu untuk wanita atau laki-laki maka puasa ini bisa menjadi sarana terbaik untuk tetap menjaga kesehatan yang paling aman di mana orang yang berpuasa akan di jauhkan dari penyakkit yang berbahaya sebab kolestrol yang menumpuk pada tubuhnya sedikit-sedikit akan terbakar, bahkan pihak kedokteranpun sepaham dengan hal ini bahwa puasa sangat baik bagi kesehatan. Sehinggga apabila menghitung-hitung manfaat dari puasa senin kamis secara ritun, sudah pasti sangat banyak sekali yang akan di dapatkan.

Di karenakan puasa senin tergolong pada amalan ibadah maka dalam pelaksanaannya harus memenuhi tata cara yang sudah di tentukan mulai dari membaca niat hingga menjauhi semua hal yang dapat membatalakannya seperti makan dan minum serta waktu di mulainya berpuasa sesuai dengan yang telah di tentukan dalam syariat islam yaitu mulai dari terbitnya fajar sidiq hingga tenggelamnya matahari. Umat islam umumnya mulai tidak makan dan minum sejak imsak sebab apabila imsak sudah tiba maka beberapa menit lagi akan masuk waktu puasa dan membatalkannya setelah berkumandang adzan maghrib, serta niat di bacakan pada malam hari sebelum di mulainya berpuasa.

Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal isnaini sunnatan lillahi ta'aalaa

Artinya : aku niat puasa sunnah hari senin karena allah taala

Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomsi sunatan lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat puasa sunnah hari kamis karena alloh ta'ala

Doa Buka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Jika harus membahas tentang puasa ini maka masih banyak lagi yang perlu di jelaskan, akan tetapi tidak memungkinkan secara detail di perjelas hanya dalam satu halaman ini saja, di sini hanya cukup dengan waktu tata cara bacaan niat niat puasa senin kamis dan manfaatnya untuk kesuksesan saja serta yang lainnya akan di uraikan di lain kesempatan, silahkan pahami dengan baik semua yang berhubungan dengan cara bacaan niat puasa sunnah senin kamis dan doa berbukanya hukum, sejarah, keajaiban dan tujuan puasa senin kamis ini.