Tata Cara Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Waktu Dan Keajaibannya

Advertisement
Advertisement
Sholat tahajud merupakan salah satu pekerjaan sunnah yang harus selalu di kerjakan secara terus menerus dalam arti dawam, mengingat ibadah yang satu ini ini mempunyai hukum sebagai sunnah mu'akad lebih di anjurkan pelaksanaannya. palagi jika melihat dari sisi keajaiban atau dengan kata lain keutamaannya yang cukup luar biasa baik itu berupa pahala yang bisa berbuah nanti di akhirat atau bisa di rasakan semasa di dunia.

Tahajud juga sering di kenal dengan sholat lail atau ibadah malam, itu karena hanya bisa di kerjakan pada malam hari berbeda dengan yang lainnya seperti sholat hajat yang boleh di kerjakan kapan saja, selain di kerjakan pada malam hari pada sholat tahajud pun ada syarat-syarat tertentu dia antaranya harus tidur dulu sebelum sholat meskipun tidurnya ini hanya sebentar dan tidak sah sholat tahajudnya jika tidak tidur terlebih dahulu.

Adapun untuk jumlah rakaat yang di kerjakan pada sholat tahajud ialah minimal 2 rakaat sampai 12 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam tetapi jika kita ingin lebih dari itu maka boleh saja tidak ada larangan tertentu tetapi menurut pendapat para ulama yang mashur di laksanakan sampai 12 rakaat jika mampu. jika tidak mampu maka 2 rakaat atau 4 rakaat dari pada tidak sama sekali.

Tata Cara Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Waktu Dan Keajaibannya

Mengenai waktu mengerjakan sholat tahajud ialah mulai dar isya sampai datangnya waktu subuh dan waktu ini menjadi slah satu ciri khusus dan pembeda yang menonjol antara sholat sunnah tahajud dan sholat yang lainnya, tetapi ada waktu yang lebih utama untuk melaksanakan sholat tahajud ialah pada sepertiga malam atau kira-kira pukul 1 sampai menjelang waktu subuh.

Sedangkan dari sisi tata cara pelaksanaannya yang benar, sesungguhnya panduan dari tahajud ini tidak ada perbedaan dengan sholat umumnya yaitu di mulai dengan niat ketika takhbiratul ikhram dan di akhiri salam setiap 2 rakaat. ANtara bacaann adan gerakannya juga sama bahkan syarat rukun juga tidak berbeda. hanya pada bacaan niat saja yang memang memiliki perbedaan, maka dari itu silahkan untuk di lihat dulu dengan baik bagaimana panduannya.

Tata Cara Sholat Tahajud

1. Niat

Tata Cara shalat Tahajud Dan Doanya

2. Takhbirotul ikhram
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca Fatihah
5. Membaca salah satu surat dari al-qur'an seperti surat al ikhlas dan yang lainnya
6. ruku
7. berdiri dari ruku
8. sujud
9. Duduk di antara 2 sujud
10. Sujud lagi
11. berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua.

Dan selanjutnya untuk rakaat kedua sama seperti rakaat pertama lalu tahiyat lalu salam. setelah selesai lalu membaca doa setelah sholat tahajud, untuk doanya yaitu.

Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya : Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Itulah ulasan kami kali ini tentang sholat tahajud mudah-mudahan apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi kita semua dan kita bisa mengamalkannya dengan istiqamah, masih banyak lagi pembahasan mengenai tahajud ini, sehingga menggalinya tidak boleh berhenti sampai di sini tapi cari lagi pemnjelasan lain yang masih berkaitan dengan tata cara bacaan niat sholat tahajud yang benar waktu dan keajaibannya.

Advertisement