Doa Anak Untuk Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Islam Dalam Bahasa Arab

Orang tua adalah panutan bagi semua anaknya, semua jasa dan pengorbanannya tidak akan bisa di bayar oleh apapun. Mereka mengurus anaknya mulai dari kandungan hingga dewasa bahkan sampai akhir hidupnya, semua yang di makan anaknya adalah keringatnya, dia tidak pernah merasa lelah membesarkan dan mendidik anaknya hingga dia tumbuh besar dan sukses.

Pantaslah jika kebahagian anak ada di tangannya, surga ada di telapak kakinya, ridhanya allah terantung orang tua, bahkan ada yang mengatakan doa orang tua terhadap anaknya di ibaratkan doa nabi kepada umatnya dalam arti tidak ada hijab yang menhalanginya. Apakah pantas kita sebagai anak masih merasa diri ini paling hebat, sehingga terkadang menelantarkan, tidak pernah memperhatikan orang tua.

Mungkin jika ayah dan ibu masih hidup setidaknya kta bisa membantu sekemampuan, namun bagai mana jadinya jika orang tua tersebut telah meninggal dunia, mungkin kita pun bingung apa yang harus di lakukan untuk membalas jasa-jasanya. Anak yang shaleh adalah anak yang taat terhadap aturan-aturan allah, nabi dan orang tuanya.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Islam Dalam Bahasa Arab

Maka jika orang tua kita sudah meninggal terdapat salah satu hal yang bisa di lakukan oleh anak tersebut, seperti mendoakannya, berziarah kekuburnya, dan meneruskan apa yang telah di perjuangkan selama hidupnya. Bacak sekali ragam doa yang sering di baca oleh umat islam untuk mengirim arwah sanak saudaranya, biasanya suka di awali dengan bacaan tahlil terlebih dahulu, baik itu di lakukannya sambil berziarah atau di rumah.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Alllohumaghfirli dunuubii waliwallidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiro. Walijami'il muslimiina walmu,miniina wal mu,minaati, al ahya-i min hum wal amwat, wa taabi'i bainana wa bainahum bilkhoirot, robbighfir warham wa anta khoiro roohimin, wa la haola wala quwwata ilaa billahil 'aliyyil 'adzim.

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Ini hanyalah bacaan singkat yang banyak orang-orang amalkan, bisa juga di tambah dengan kalimat lainnya yang lebih panjang. Bisa menjadi saran baik jika doa untuk orang ini di bacakan setiap sholat fardhu, karena itu termasuk wktu terbaik untuk berdoa.