Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Pengertian Keutamaan Manfaat

Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Pengertian Keutamaan Manfaat - Muharram adalah salah satu dari 12 bulan yang termasuk memiliki keunggulan atau keutamaan amalan ibadah sunnah, karena tidak hanya menjadi awal tahun baru hijriyah tetapi juga termasuk pada 4 bulan haram atau mulia yang senantiasa keempat bulan tersebut harus selalu di isi dengan amal kebaikan misalnya puasa, begitu untuk muharram ini mulai tanggal 1 hingga 9 dan 10 atau yang populer dengan sebutan puasa asyura dan tasu'a.

Bagi orang yang rajin mengerjakan ibadah harian atau tahunan maka sudah pasti begitu mengenal dengan kedua puasa sunnah ini, akan tetapi boleh di bilang begi mereka di luar sana masih banyak yang belum tahu kapan dan tanggal berapa puasa muharram ini di laksanakan, sama halnya ketika ingin mengetahui tentang puasa rajab atau yang lainnya. Pengertian dari asyura dan tasu'a yaitu puasa sunnah dua hari pada bulan muharram yang di kerjakan pada tanggal 9 (puasa tasu'a) dan pada tanggal 10 (puasa asyura) sedangkan dari tanggal 1 hingga 8 di sebut dengan puasa muharram.

Dari sisi keutamaan atau manfaat yang tersimpan dalam puasa asyura ini tentunya sangat besar sekali. di mana selain di anjuran yang di contohkan langsung oleh baginda nabi muhammad saw, sehingga apabila di kerjakan akan mendapatkan pahala sunnah. Juga dalam salah satu keterangan di perjelas bahwa untuk puasa asyura dapat menghapus dosa dosa satu tahun yang telah lalu. Pahala satu tahun ini tentu tidak bisa di anggap kecil sebab dosa setiap manusia dalam setahunnya sudah pasti banyak sekali baik itu yang langsung di sadari atau dosa kecil yang tidak terasa, dengan puasa di bulan muharam tersebut maka akan langsung di hauskan dosanya.

Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Pengertian Keutamaan Manfaat

Sedangkan untuk puasa tasu'a juga pada tanggal 9 nya di sunnahkan meski memang nabi belum pernah melaksanakannya, sebab menurut sejarah bahwa nabi saw berencana tahun depan untuk puasa tidak hanya tanggal 10 tetapi juga dengan tanggal 9, namun belum juga tiba tanggal sembilan tahun depat beliau wafat Tujuan dari puas tasua selain memiliki hukum sunnah karena baginda rasul pernah berencana mengerjakan, juga agar berbeda antara puasanya umat islam dan kaum yahudi, bahkan dalam hal ini para ulama berpendapat apabila tanggal 9 tidak berpuasa maka pada tanggal 11 nya atau lebih baik juga apabila ketiganya di kerjakan.

Dalam salah satu sejarah di ceritakan bahwa suatu ketika baginda nabi saw sampai di kota madinah dan mendapati kaum yahudi sedang melaksanakan puasa, lalu beliau bertanya, puasa apa yang sedang kalian lakukan? yahudi menjawab bahwa kami sedang berpuasa sebagaimana yang musa lakukan sebagai tanda syukur telah di selamatkannya dari para musuhnya pada tanggal tersebut, karena rasul merasa lebih berhak, lantas beliau pun berpuasa dan memerintahkan para sahabatnya. Dan untuk membdakan antara yahudi serta puasa umat islam, nabi berencana berpuas tahun depan beserta tanggal 9 nya akan tetapi beliau wafat dan tidak sampai tahun depan.

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْم عشرسُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma 'asyuro sunatan lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat puasa sunnah asyuro karena allah ta'ala

Niat Puasa Tasu'a

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma ta su'aa sunnatan lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat puasa sunnah tasu'a karena allah ta'alaa

Melihat dari penjelasan serta peristiwa sejarah di atas, maka puasa asyura dan tasu'a benar-benar memiliki hukum sunnah yang langsung di contohkan dan di anjurkan baginda nabi saw. Sehingga sudah sepantasnya sebagai umat beliau kitapun tidak boleh meninggalkannya begitu saja, bukan karena pahalanya yang besar akan tetapi ini merupakan anjuran yang harus di patuhi apabila mengaku sebagai umat nabi yang selalu menjunjung tinggi sunnah-sunnah beliau, muharram penuh berkah dan bulan yang di agungkan.

Sebenarnya mengenai pembahasan dari penjelasan mengenai puasa asyura masih banyak, akan tetapi baru beberapa paragraf juga sudah lumayan lelah menulisnya. Maka untuk pembahasan lebih selanjutnya yang lebih detail dan berhubungan dengan niat puasa asyura dan tasu'a 2018 pengertian keutamaan manfaat maka akan di perjelas lagi dalam halaman lain, di waktu dan kesempatan yang berbeda agar bagi kalian yang belum mengetahuinya bisa lebih memahami sehingga bisa menjadi pendorong yang kuat untuk segeramengerjakan puasa sunnah ini.