Bacaan Doa Sholat Jenazah Perempuan Laki-Laki Dalam Bahasa Arab

Bacaan Doa Sholat Jenazah Perempuan Laki-Laki Dalam Bahasa Arab - Selain membaca niat, pada sholat jenazah atau mayat juga ada beberapa doa yang harus di bacakan antara takbir ke 3 dan ke 4, sebagai mana telah di ketahui bersama pelaksanaan dari ibadah ini berbeda dengan pada umumnya, yaitu hanya di lakukan dengan melakukan takbir saja sambil berdiri dan begitu pula dengan ghaib.

Ketika ada saudara yang meninggal dunia, menjadi kewajiban umat muslim untuk mengurusnya mulai dari memandikan, mengkafaninya hingga mensholatkan mayit tersebut, serta termasuk pada fardhu kifayah dalam arti jika sama sekali tidak ada yang melakukannya, termasuk dosa, namun jika ada salah seorangnya maka dosa tersebut gugur dan tentunya dengan mengerjakan secara baik terpenuhi syarat rukun cara dan niat sholat jenazah tersebut.

Nah maka dari itu ketika ada tetangga terutama keluarga yang meninggal, maka harus segera ikut mengurusnya, agar selain mendapat pahala dari apa yang di kerjakan juga terhindar dari dosa di atas, apa lagi apabila termasuk pada orang paham terhadap hal tersebut. Apalagi sudah pasti suatu ketika amalan dari sholat ini akan pernah di kerjakan mau atau tidak namun yang pasti akan pernah.

Bacaan Sholat Mayit Jenazah Perempuan Laki - Laki Lengkap Do'anya

Kadang tak sedikit di antara saudara kita yang kebingungan, apa yang harus di baca ketika melaksanakan sholat mayit tersebut, karena biasanya imam tidak mengeraskan suara bacaan antara takbir, nah dari itu kami terdorong untuk menulisnya secara lengkap, agar bisa langsung di pelajari, karena untuk cara niat sholat jenazah kita cukup mengikuti imam saja.

Bacaan Setelah takbirotul ikhram yaitu surat al-fatihah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

"Bismillahirrahmanirrahim"

Alhamdulillahi rabbil alamin,

Arrahmaanirrahiim

Maaliki yaumiddiin,

Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin,

Ihdinashirratal mustaqim,

shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin,

Artinya :

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang".

"Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam".

"Maha Pemurah lagi Maha Penyayang".

"Yang menguasai di Hari Pembalasan".

"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan".

"Tunjukilah kami jalan yang lurus",

"(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".


Bacaan Setelah Takbir ke dua yaitu shalawat nabi

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.

Artinya : Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 3 (tiga)

Untuk Mayit Laki-Laki

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وأَكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهِ مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allah hummaghfirlahu, warhamhu, wa 'afihi, wa'fu 'anhuu, wa akrim nuzulahu, wa wasi' madhalahu, waghsilhu bimaa in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaya kama yunaqqas saubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran hairan min darihii, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar.

Artinya : Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan istri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Untuk Jenazah Perempuan

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وأَكْرِمْ نُزُوْلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهَا مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهَا وَقِهِهَا فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allaah hummaghfirlaha-a, warhamha-a, wa 'aafiha-a, wa'fu 'anha-a, wa akrim nuzuulaha-a, wa wassi' madkhalaha-a, waghsilha-a bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqiha-a minal khathaaya-a kama-a yunaqqats tsaubul abyadhu minad-danasi, wa abdilha-a daaran khairan min daariha-a, wa ahlan khairan min ahliha-a, wa zaujan khairan min zaujiha-a, waqihaa fitnatal qabri wa 'adza-aban-na-ar.

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah suaminya dengan suami yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 4 (Empat)

Untuk Mayit (Jenazah) Laki-Laki

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهُ وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهُ

Allahumma laa tahrimna-a ajrahu-u, walaa taftinnaa ba'dahu-u

Artinya : Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

Untuk Mayit Perempuan

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهَا وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهَا

Allaahumma laa tahrimna-a ajraha-a, walaa taftinna-a ba'daha-a

Artinya : Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

Di Tutup Dengan Bacaan Salam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

As-salaamu 'alaikum warahmatul-laahi wa baraka-atuh

Itulah bacaan sholat jenazah antara takbir sama juga dengan sholat goib, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.