Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Beserta Shalatnya 2018

Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Beserta Shalatnya - Tak terasa, waktu berlalu begitu cepat, rasanya baru kemarin memasuki bulan safar, sekarang sudah akan sampai lagi pada tanggal akhir, berarti usia kita ini bukanlah bertambah namun justru mengurangi dari yang sudah di tentukan oleh allah, dengan begitu mari kita sama-sama memanfaatkan sisa umur ini dengan cara semakin mendekatkan diri kepada allah swt dan memperbanyak amal ibadah kepadanya.

Ada sebuah teradisi yang sebagian umat muslim lakukan di bulan safar ini, tepatnya di hari rabu terakhir yaitu sebuah ritual yang di isi dengan bacaan-bacaan doa dan sholat guna agar terhindar dari bala atau mala petaka. Hal ini di lakukan atas dasar mereka meyakini perkataan-perkataan sebagian ulama ahli ma'rifat bahwa pada hari atau malam tersebut, saat di turunkannya 320.000 bala ke muka bumi ini.

Di masyarakat hal ini banyak sekali di perbincangkan, karena sebagian yang mengatakan itu tidak dasar hukumnya, namun jika kita bisa menyikapinya dengan bijak, hal itu tidak perlu terjadi, karena pendapat ulama tentang turunnya bala di rebo wekasan (pungkasan) tidak mengarah pada hukum melainkan lebih pada peringatan. Apalagi jika kita tahu kepada para ulama atau auliyanya allah ada yang di namakan dengan ilham atau karomah, sehingga tidak menutup kemungkinan jika di antara mereka ada yang mengetahui sesuatu yang orang lain tidak bisa mengetahuinya "khwariqul adah".

Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Beserta Shalatnya

Sehingga tidak ada salahnya jika benar adanya perketaan ulama seperti itu, kita melakukan sesuatu agar bala atau cobaan yang di turunkan tidak menghampiri, dengan cara memohon perlindungan kepada allah swt, karena dia yang mempunya cobaan dan hanya dia pula yang bisa menyelamatkan. Adapun amalan-amalan yang biasa umat muslim kerjakan yaitu.

1. Melaksanakan shalat sunnah 4 rakaat 2x salam dan tiap rakaat setelah fatihah membacakan surat al-kautsar 17x, al-ikhlas 5x, al-falaq dan anas 1x.

2. Membaca Doa tolak bala (rebo wekasan)

بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ،
اَللّـٰـهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوٰى ، وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ ، يَا عَزِيْزُ ، يَا مَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ ، اِكْفِـنِيْ مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ ، يَا مُحْسِنُ ، يَا مُجَمِّلُ ، يَا مُتَفَضِّلُ ، يَا مُنْعِمُ ، يَا مُتَكَرِّمُ، يَا مَنْ لآَ إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللّـٰـهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِـيْهِ وَأُمِّـهِ وَبَنِيْـهِ اِكْفِـنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ . يَا كَافِيْ (فَسَـيَكْفِيْـكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ) ، وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آٰلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

3. Kemudian menulis ayat-ayat di bawah ini, lalu di masukan ke air putih dan di minun

سلام قولا من رب رحيم. سلام على نوح في العالمين. سلام على إبراهيم. سلام على موسى وهارون. سلام على إلياسين. سلام عليكم طبتم فادخلوها خالدين. من كل أمر سلام هي حتى مطلع الفجر
قُلْتُ: وَهَذِهِ الرِّوَايَةُ هِيَ الَّتِيْ كَانَ يَفْعَلُهَا شَيْخُنَا رَضيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ وَهِيَ أَحْسَنُ؛ لِعُمُوْمِ النَّفْعِ بِهَا لِلصِّبْيَانِ وَالنِّسْوَانِ وَالْعَبِيْدِ، وَنَحْوِ ذَلِكَ مِمَّنْ لَا يَقْدِرُ عَلَى فِعْلِ شَيْءٍ مِمَّا تَقَدَّمَ

4. Mempebanyak bacaan al-qur'an terutama surat yasin

5. Memperbanyak istighfar, shalat kepada nebi, dzikir.

6. Bershadqah

7. menyantuni anak yatim dan fakir miskin

Amalan-Amalan doa rebo wekasan di atas harus di sertai niat ikhlas semata-mata karena allah, memohon perlindungan kepadanya.

Mudah-mudahan pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi sebuah pengetahun bagi para pembaca semua.