-->

Doa Niat Puasa Ramadhan Yang Benar Lengkap Di Lakukan Pada Waktu

Niat puasa ramadhan adalah bagian dari rukun ibadah tersebut yang tidak boleh di tinggalkan karena berhubungan dengan sah atau tidaknya puasa yang di kerjakan. Niat ini tergolong amalan penting yang harus di pahami bacaannya oleh seluruh umat muslim pada saat akan menjelang bulan ramadhan datang termasuk juga mengenai waktu di lakukan mengucapkan niat tersebut serta bagaimana cara memenuhinya yang baik dan benar agar amalan puasa yang di laksanakan bernilai sempurna.

Sebelum lebih jauh memahami tentang hal-hal yang membatalkan puasa serta pekerjaan sunnah yang di anjurkan selama berpuasa, pertama kali niat puasa ramadhan harus lebih awal di ketahui baik itu bacaannya secara lengkap, waktu pengamalannya serta bagaimana cara mengucapkannya. Karena meskipun puasa ini wajib hukumnya seperti sholat lima waktu tetapi dalam pelaksanaan mengucapkan niat berbeda terutama dari sisi letak dan juga waktunya.

Ramadhan merupakan bulan agung yang menjadi pengulu semua bulan, di katakan dalam beberapa hadits bahwa bagi umat muslim yang merasa gembira dengan datangnya ramadhan, di haramkan jasadnya ke neraka. Selain itu juga bulan ini memiliki keutamaan luar biasa yaitu semua amal kebaikan seperti pekerjaan sunnah baik berupa sholat atau yang lainnya, di berikan pahala berlipat ganda, serta ramadhan juga menjadi bulan pangampunan, serta bulan yang di berkahi.

Gambar Niat puasa Ramadhan

Fungsi dari niat sendiri yaitu untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah lainnya, sehingga syariat menjadikan kedudukan niat sebagai rukun dalam setiap ibadah yang harus di penuhi. Waktu dari mengucapkan niat ini yaitu pada malam hari antara sesudah isya hingga sebelum datangnya waktu subuh, umumnya masyarakat indonesia mengucapkan niat sesudah selesai sholat tarawih. Menghadirkan niat tersebut cukup dalam hati saja serta boleh di lakukan dengan cara apapun, baik itu sambil santai duduk di rumah atau sebelum tidur asal jangan di tempat-tempat yang kurang baik.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaetu sauma godin 'anadaa-i fardi sahri romadoona hadzihi sannati lillahi ta'aalaa.

Artinya : Aku berniat puasa fardhu hari esok di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'aala.

Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allohum-ma lakasumtu wa-bika a-amantu wa 'ala rizkika afthortu biroh matika yaa arhamar-rooimiina.

Sebenarnya pembahasan dari niat puasa ramadhan beserta bukanya bahkan hingga bacaan doa sahur, sepatutnya tidak perlu di bahas sebab yakin semua orang islam terutama dewasa sudah pada mengetahuinya. Namun kami berperasangka saja mungkin ada anak kecil yang baru menginjak dewasa ingin menghafalnya kembali maka di sini coba di tulis lagi semua yang berkaitan langsung dengan doa niat puasa ramadhan 2020 dan berbukanya beserta arti Latin dan lain sebagainya.