Amalan Keutamaan Di Bulan Muharram Dalam Islam Dan Keistimewaannya

Amalan Keutamaan Di Bulan Muharram Dalam Islam Dan Keistimewaannya - Muharram termasuk pada salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama islam dan anggapan ini bukan hanya sekedar pembicaraan belaka, namun banyak keterangan-keterangan yang menunjukan hal tersebut, terlebih terdapat pada firman allah surat at-taubat ayat 36 yang isinya yaitu dari dua belas hitungan kalender hijriyah di antaranya terdapat 4 bulan haram (mulia) salah satunya adalah muharram.

Bahkan imam nawawi berpendapat, bahwa bulan tersebut adalah yang paling di utamakan untuk melaksanakan puasa sunnahseperti puasa asyura tanggal 10, yang mana seperti kita tahu bersama, bukan hanya umat muslim saja, namun yahudipun melaksanakan puasa di bulan ini, sebagaimana yang terdapat dalam sebuah riwayat, bahwa ketika nabi muhammad saw tiba di kota madinah, beliau mendapati kaum yahudi berpuasa, lantas nabi bertanya, puasa apakah yang kalian kerjakan ? umat yahudi pun menjawab puasa sebagai tanda sukur karena telah di selamatkan dari musuh-musuh mereka, dan pada hari itu musa pun berpuasa maka kamipun mengikutinya.

Karena nabi merasa lebih berhak terhadap musa, lantas beliaupun mengajak para sehabatnya berpuasa yang kita kenal sebagai puasa asyura tanggal 10 muharram. Lalu apa hubungannya dengan puasa tasua tanggal 9 muharram ?. Sebelum baginda nabi wafat beliau berenaca untuk tidak hanya melaksanakan puasa tanggal sepuluh saja namun akan dengan tanggal sembilannya, tujuannya yaitu agar antara puasa umat islam dan yahudi berbeda, namun belum juga sampai pada tahun selanjutnya beliau di panggil oleh sang maha kuasa. bahkan ada juga pendapat para ulama yang berpuasa sunnah sampai tanggal 11 nya.

Amalan Keutamaan Di Bulan Muharram Dalam Islam Dan Keistimewaannya

Puasa asyura ini memiliki keungglan yang tinnggi sekali, sebagai mana yang terdapat dalam hadist, bahwa barang siapa yang melaksanakan puasa di tanggal 10 muharram (asyura) maka akan di hapuskan dosa-dosanya selama setahun yang telah berlalu, namun pastinya bukan dosa besar melainkan dosa kecil. Maka dari itu bagi umat islam yang baik jangan sampai tertinggal untuk melaksanakannya, untuk puasa asyura bisa langsung di lihat di halaman lainnya.

Selain menjadi bulan yang sangat baik untuk berpuasa sunnah, di bulan muharram ini juga menyimpan berbagai kisah atau peristiwa pentinga yang berhubungan langsung dengan keagungannya allah, bahkan yang telah di ketahui masyarakat pada umumnya ada 20 peristiwa yang terjadinya bertepatan dengan bulan muharram ini seperti :

Keutamaan Bulan Muharram

1. Terjadidnya Peristiwa Penting Di Bulan Muharram

Nabi Adam bertaubat kepada Allah
Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan
Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud
Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa
Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah
Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya
Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam
Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun
Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah
Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar
Hari pertama Allah menciptakan alam
Hari Pertama Alllah menurunkan rahmat
Hari pertama Allah menurnkan hujan
Allah menjadikan ‘Arasy
Allah menjadikan Luh Mahfuz
Allah menjadikan alam
Allah menjadikan Malaikat Jibril
Nabi Isa diangkat ke langit

2. Menjadi Bulan Yang Di Sucikan

Bulan muharram ini dikenal juga sebagai bulan yang di sucikan, karena adanya larangan untuk berlaku kedzaliman serta diharamkan untuk saling membunuh serta berperang.

3. Sebagai Bulan Allah

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya:

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram dan shalat yang paling utama setelah puasa wajib adalah sholat lail.” (HR. Muslim)

Dari Aisyah Radiallahu Anhu berkata :

مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلَّا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ

Artinya:

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallohu alaihi wasallam, berupaya keras untuk puasa pada suatu hari melebihi yang lainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Amalan Bulan Muharram

Ada banyak amalan yang tidak boleh di lewatkan ketika bulan muharram datang karena pahala dan keutamaannya luar biasa dan sangat istimewa di antaranya.

1. Beroa Pada Tanggal 1 Muharram (Doa Awal Dan Akhir Tahun)

2. Puasa Sunnah Tasua Tanggal 9 Muharram

3. Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram.

4. Perbanyak Puasa

5. Bersedekah

6. Memperbanyak Doa Terutama Mulai Tanggal 1 Sampai 10 Muharram

7. Bersedekah

8. Menyantuni Anak Yatim

9. Puasa Sunnah Tanggal 11 Muharram

10. Tidak Berbuat Dzalim

11. Jauhi Maksiat

12. Perbanyak Amal Shalih


Selain pembahasan di atas masih banyak lagi keutamaan bulan muharram yang bisa kita gali secara mendalam, namun meskipun hanya sekilas, mudah-mudahan pembahasan ini menjadi suatu dorongan kepada diri kita untuk lebih memperkuat lagi dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap allah swt.