Keutamaan Amalan Di Bulan Rajab Yang Paling Diutamakan

Amalan-Amalan Di Bulan Rajab Yang Paling Diutamakan - Seperti telah dikenal banyak umat islam, bahwa pada penanggalan atau kalender hijriyah terdapat empat bulan haram dalam arti sangat di muliakan selain ramadhan yaitu rajab, dzulhijjah, muharram dan dzulqa'dah dan ini di nyatakan dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh imam bukhari dan muslim serta bukan hanya sampai di situ saja, umat jahiliyahpun mempercayai hal tersebut.

Apa sebab sehingga ke empat-nya di namakan bulan haram? terdapat dua hal referensi kenapa di namakan seperti itu pertama karena pada saat-saat tersebut di haramkan adanya aktivitas pembunuhan baik itu berupa peperangan atau yang semisalnya. Yang kedua adalah karena pada ke 4 bulan tersebut larangan melakukan hal-hal yang telah di haramkan sangat di tekankan sebab mulianya bulan tersebut, sehingga sangat baik dan lebih utama untuk di jadikan sebagai bulan ibadah mendekatkan diri kepada sanga maha kuasa.

Berbeda dengan bulan pada umumnya, Jika sesorang bisa memperbanyak amalan ibadah berupa apapun maka fahala atau ganjarannya akan di lipat gandakan seperti contoh bagi orang yang berpuasa, untuk niat puasa rajab bisa di lihat pada halaman lainnya. Ada sebuah keterangan yang mengatakan barangsiapa melaksanakan puasa satu hari saja di bulan ini maka laksana sebualan berpuasa dan apabila tujuh dan delapa hari maka akan di tutup tujuh pintu neraka jahanam di bukakannya pintu surga.

Amalan-Amalan Di Bulan Rajab Yang Paling Diutamakan

Di kalangan umat muslim terjjadi perbedaan pendapat yang banyak menjadi perselesisihan antara amalan puasa rajab ini karena mereka berpandangan bahwa tidak ada satupun hadist khusus yang menyatakan puasa rajab, tetapi kendati demikian terdapat dalam suatu hadist shahih bahwa nabi muhammad saw sangat menyukai puasa di bulan-bulan haram Mulia) selain ramadhan maka dengan adanya keterangan ini bisa menjadi suatu landasan untuk kita melaksanakannya karena rajab termasuk bulan haram. Lalu apa saja amalan yang paling di utamakan selain puasa tersebut, mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Amalan Di Bulan Rajab

1. Bagi orang yang masih mempunyai hutang puasa, maka segralah mengqadhanya di bulan ini

2. Memperbanyak sedekah sesuai kemampuan maka allah akan melipat gandakan fahalanya

3. Apabila masih memiliki hutang shalat yang tertinggal maka segeralah mengqadhanya

4. Apabila berkenan melakukan shalat atau puasa sunnah untuk di hadiahkan kepada orang lain maka kerjakanlah, jika tidak mengetahui namanya, tujukanlah niat-nya buat umat nabi muhammad saw

5. Perbanyaklah membaca shalawat nabi saw sekemampuan misalnya mulai dari seratus hingga sepuluh ribu kali bacaan

6. Membaca ayat kursi sebanyak 40x

7. Surat Al-Ikhlas Jika mampu hingga 10.000x

8. Mendzikirkan Kalimat Tauhid Lafadz (laa ilaa ha illalloh) sampai 10.000x

9. Mengamalkan isim jalallah (allah) lima ribu sampai sepuluh ribu kali

10. Dan lain sebagainya

Jangan sampai bulan mulia yang penuh dengan keutamaan dan keistimewaan ini hanya berlalu begitu saja tanpa di manfaatkan untuk meningkatkan peribadahan kita, setidaknya silahkan kerjakan amalan bulan rajab di atas lebih baik lagi jika bisa menambahkan dengan aktivitas sunnah lainnya. Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kekurangan dalam pembahasan dan penulisannya.