-->

Doa Dan Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Dan Tata Cara Bacaan Idul Adha

Doa Dan Niat Mandi Sunnah Hari Raya Idul Fitri Dan Tata Cara Bacaan Idul Adha - Mandi merupakan amalan harian yang umum di lakukan oleh setiap manusia, adapun bagi umat muslim pekerjaan membersihkan badan dengan air ini memiliki nilai ibadah, karena kebersihan sebagian dari iman. Tubuh yang bersih, bugar dan terasa segar selain akan menjadikan tubuh bertambah sehat juga bisa fokus dalam mengerjakan berbagai hal termasuk yang berhubungan dengan ibadah sholat seperti ketika menjelang hari raya idul fitri dan juga idul adha.

Tetapi mandi ini bukan hanya sebatas aktivitas yang hanya di lakukan untuk membersihkan badan semata namun di dalamnya mempunyai nilai ibadah, sebagai mana sebuah semboyan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman" Orang yang di dalam dirinya terpatri keimanan maka hidupnya akan selalu mencintai kebersihan terutama bagian badannya. Serta jika melihat dari sisi ibadah mandi juga di bagi menjadi 2 kategori yaitu sunnah seperti sebelum niat sholat idul fitri dan wajib.

Bahkan apabila meliha dari syariat agama, bahwa mandi ini bisa menjadi tolak ukur di terima atau tidaknya ibadah seseorang misalnya mandi setelah junub, mandi wajib sesudah haid dan nifas. Dalam arti apabila setelah selesai hal-hal tersebut lalu orang itu tidak melakukan mandi besar maka semua ibadahnya tidak akan di terima sebab hadast besar belum hilang, sehngga dalam kategori ini mandi jadi suatu kewajiban yang mesti di kerjakan. Selain itu ada juga mandi sunnah di antaranya sebelum melaksanakan sholat idul fitri dan lain sebagainya.

Tata Cara Bacaan Doa Dan Niat Mandi Sunnah Pada Hari Raya Idul Fitri Lengkap

Antara mandi sunnah dan mandi wajib atau mandi biasa sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu jauh yaitu sama memakai air, perbedaannya hanya sedikit yaitu untuk mandi sunnah di anjurkan membaca niat atau doa, serta seluruh badan harus benar-benar terkena oleh air hingga hal-hal terkecilnya. Dan untuk pembacaan niatnya bisa di ucapkan saat pertama kali badan kena air baik itu tangan atau anggota lainnya.. Untuk bacaannya mari di simak di bawah ini.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaetul gusla liyaumi'iidhil fitri sun-natan lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku Bersengaja mandi sunnah hari raya idul fitri karena allah ta'alaa

Mandi ini di lakukan sebelum umat muslim berangkat ke tempat sholat idul fitri, serta ini menjadi salah satu syarat yang di sunnahkan untuk di kerjakan, bagi yang belum hafal niat mandi idul fitri ini sebaiknya langsung di lihat dan di hafalkan bacaan doa niat mandi sunat untuk hari raya idul fitri, sholat idul fitri, tata cara mandi sunnah, dan adha, sebelum puasa, keramas menyambut bulan puasa, doa khutbah idul fitri dan lain sebagainya.