Waktu Pengertian Tata Cara Niat Doa Setelah Sholat Ied Idul Fitri Dan Idul Adha Berapa Rakaat

Sholat idul fitri dan idul adha adalah ibadah sunnah muakkad yang senantiasa harus di kerjakan oleh setiap orang apabila sedang sehat dan tidak ada halangan, bahkan meskipun tidak memungkinkan datang untuk berjamaah kedua sholat ini di anjurkan pelaksanaannya secara sendiri dari pada tidak sama sekali. Bahkan karena anjurannya lebih di utamakan wanita yang sedang berada dalam masa haid atau nifas juga sebaiknya ikut namun hanya sebatas bertujuan mendapat keberkahan saja.

Pengertian dari sholat idul fitri sendiri yaitu sholat yang di kerjakan pada tanggal 1 syawal setelah selesai mengerjakan puasa wajib sebulan penuh di bulan ramadhandan hanya di laksanakan setahun sekali. Sedangkan untuk sholat idul adha yaitu sholat yang di lakukan pada tanggal 10 dzulhijjah bertepatan dengan ibadah haji dan hari penyembelihan hewan kurban, serta hari kedua sholat tersebut di namakan dengan hari raya.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan sholat idul fitri dan idul adha yaitu di mulai setelah terbit matahari atau naik kira-kira satu tombak hingga waktu dhuhur. Adapun untuk idul fitri di sunnahkan untuk sedikit di perlambat pelaksanaannya bertujuan memberikan kesempatan kepada orang yang belum berzakat, sedangkan untuk sholat idul adha di sunnahkan di segerakan agar bisa dengan cepat menyembelih hewan kurban yang nanti harus di bagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Waktu Pengertian Tata Cara Niat Doa Setelah Sholat Ied Idul Fitri Dan Idul Adha Berapa Rakaat

Sebelum berangkat di sunnahkan bagi para jamaah untuk terlebih dahulu melakukan mandi idul fitri, lalu mengenakan pakaian bersih dan putih dan makan terlebih dahulu. Jika tidak memiliki pakaian putih boleh yang warna selain itu asalkan patokannya bersih dari kotoran apalagi najis setelah itu lalu berangkat serta ushakan sampai di mesjid lebih awal jangan sampai ketinggalan atau menunggu tempat penuh agar bisa duduk lebih depan dan bisa membacakan amalan-amalan terlebih dahulu terutama mengumandangkan bacaan-bacaan takhbir.

Sedangkan untuk panduan atau tata cara pelaksanaan sholat hari raya idul fitri dan ini sebenarnya tidak ada jauh perbedaan dengan sholat pada umumnya, hanya saja terdapat sedikit gerakan-gerakan dan bacaan yang berbeda misalnya ada tambahan takhbir setelak takhbirotul ikhram di rakaat pertama dan kedua serta dari bacaan niat sholat idul fitri dan antara takhbir tersebut, selain itu tidak ada perbedaan bahkan hampir sama dengan shalat jum'at, namun khutbah idul fitri ini berada atau di laksanakan setelah selesai shalat 2 rakaat idul fitri.

1. Membaca niat dalam keadaan berdiri sambil takhbirotul ikhram, niat tersebut di hadirkan di dalam hati yang lapadznya yaitu :

Niat Sebagai Makmum

أصلي سنة عيد الفطــر ركعتين مأموما\إِمَامًا لِلَّهِ تعالي

Artinya : Aku sengaja shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai ma’mum/imam karena Allah.

Niat Sholat Idul Adha

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا\إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli snnatan 'idil adha rak'ataini mustakhbilal kiblati makmuuman/imaaman lillahi ta'alaa

Artinya : Aku sengaja niat sholat sunnh idul adha 2 rakaat menjadi makmum/imam karena allah ta'alaa

2. Membaca Doa iftitah kemudian tasbih

3. Setelah selesai membaca iftitah di lanjut dengan membaca takhbir sambil mengangkat kedua tangan hingga tinggi kira-kita bahu sebanyak 7 kali. Di anta takhbir tersebut membaca :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallohi walhamdulillahi walaa ilaaha illalloohu wallohu akhbar.

4. Setelah selesai dengan takhbir tujuh kali di lanjutkan dengan membaca surat alfatihah dan surat tertentu dari al-quran untuk imam di keraskan sedang tugas makmum cukup membaca fatihah saja di pelankan saja. Kemudia jika sudah selesai di lanjut dengan melakukan ruku, berdiri dari ruku, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi dan berdiri untuk melaksanakan rakaat ke dua.

5. Setelah berdiri lagi langsung dengan melakukan takhbir sebanyak 5 kali sama bacaannya seperti pada rakaat pertama hingga melakukan tahiyat akhir lalu di tutup dengan salam kekiri dan ke kanan.

6. Langsung di lanjut dengan melakukan khutbah idul fitri atau idul adha yang di laksanakan oleh imam atau orang yang telah bertugas untuk khutbah sedangan makmum hanya di tugaskan duduk sambil mendengarkan khutbah tersebut secara serius hingga selesai. Isi khutbah sebaiknya di sarankan hal-hal yang berkaitan dengan idul fitri atau puasa atau yang berhubungan dengan kurban dan idul adha. Sampai di sini maka sholat idul fitri telah selesai di kerjakan.

Sampai di sini maka sholat idul fitri atau idul adha sudah selesai di lakukan, silahkan pahami dengan baik apa saja yang masih ada hubungannya dengan waktu pengertian tata cara niat doa setelah sholat ied idul fitri dan idul adha berapa rakaat hingga benar-benar memahaminya agar nanti bis lebih mudah dalam pengamalan. Apalagi dari sisi tata cara ada beberapa gerakan dan bacaan yang berbeda meski hukumnya sunnah tetapi harus benar-benar paham betul.