Doa Tata Cara Niat Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Untuk Suami Diri Sendiri Orang Lain

Zakat fitrah adalah rutinitas ibadah tahunan yang hukumnya wajub untuk di penuhi oleh semua umat islam pada bulan ramadhan sebelum idul fitri, baik itu anak kecil, orang dewasa suami istri orang tua dan lain sebagainya. Kewajiban ini harus benar-benar di laksanakan dengan cara membayar sesuatu yang telah di tetapkan misalnya beras dengan ukuran yang sudah di tentukan lalu di bagikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah atau mustahik seperti di antaranya fakir miskin.

Jika dilihat secara nyata, zakat fitrah ini bertujuan untuk menolong antar sesama dan menumbuhkan rasa saling antara satu dengan yang lainnya agar orang yang tidak punya bisa mendapatkan dan merasakan sesuatu begitu juga sebaliknya, namun sebenarnya tidak hanya sampai di situ saja tetapi agar manusia bisa sadar bahwa hidup ini tidak boleh di perbudak oleh harta tetapi harus menjadi tuannya harta, dengan begitu antara si penerima zakat dan pemberi zakat sama-sama memiliki peran penting.

Di dalam membayar zakat fitrah ada ketentuan-ketentuan yang harus di penuhi mulai dari syarat wajib hingga rukunnnya di antara syaratnya yaitu merdeka, baligh, berakal, islam dan mampu membayarnya. Sedangkan rukun dari zakat fitrah ini yaitu niat, adanya si pemberi dan penerima, ukuran zakat yang di keluarkan harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ada dalam syariat agama islam.

Doa Tata Cara Niat Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Untuk Suami Diri Sendiri Orang Lain

Jumlah atau perhitungan zakat fitrah di sesuaikan dengan makanan pokok tiap-tiap negara seperti kurma, gandum, beras dan lain sebagainya, sedangkau jumlah banyaknya jika di indonesia umumnya mulai dari 2,5kg beras-3,5kg beras. Mengenai pembayaran zakat fitrah dengan uang terdapat perbedaan pendapat dalam hal ini ada yang membolehkan dengan syarat di sesuaikan dengan harganya barang tersebut ada juga yang tidak membolehkannya, tentu dari keduanya tersebut memiliki alasan-alasan kuat.

Untuk waktu pembayaran zakat fitrah ini yaitu mulai dari masuknya bulan ramadhan hingga sebelum masuknya shalat ied idul fitru, sementara apabila jakat tersebut di keluarkan setelah selesai shalat ied apalagi hari besoknya maka tidak jadi bahkan sampai di hukumi makruh dan haram. Tetapi kebiasaan di negara indonesia yaitu tanggal 26-27 ramadhan, maka bisa mengikuti waktu yang telah di tentukan tersebut asalkan membayar. Nah untuk bacaan niatnya langsung di simak di bawah ini.

Doa Ketika Menerima Zakat

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A'THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA'ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya : SMudah-mudahan Allah memberikan pahala padamu pada barang yang kamu berikan dan mudah-mudahan Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih kamu sisakan dan mudah-mudahan pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Niat Zakat Fitrah Buat Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA

Niat Zakat Fitrah Buat Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Niat Zakat Fitrah Buat Anak Laki-laki

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Niat Zakat Fitrah Buat Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA


Niat Zakat Fitrah Buat Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

Niat Zakat Fitrah Buat Anak Perempuan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Mungkin jika di lihat dari kalimat, niat zakat fitrah ini cukup banyak yaitu antara diri sendiri, suami, istri anak perempuan bacaannya berbeda, namun apabila di hafal maka akan cukup mudah memahaminya, atau bisa juga di tulis ulang di atas kertas untuk nanti di bacakan pas atang waktunya. Silah di cermati semua yang ada pada bacaan doa tata cara niat membayar dan menerima zakat fitrah dengan uang, penerima zakat fitrah, syarat wajib, perhitungan, waktu pembayaran, jumlah, ketentuan, pengertian zakat fitrah dan zakat mal, dan lain sebagainya.