Bacaan Niat Tata Cara Sholat Malam Nisfu Sya'ban 2018 Dan Jumlah Rakaatnya

Salah satu malam yang banyak ditunggu-tunggu oleh kalangan umat muslim pada umumnya adalah pada pertengahan bulan sya'ban atau di kenal juga dengan sebutan nisfu sya'ban tanggal 15 tahun hijriyah. Kenapa malam tersebut suka di tunggu-tunggu kedatangannya? hal ini di karenakan ada beberapa keterangan yang menyebutkan bahwa nisfu sya'ban tersebut termasuk malam yang di unggulkan serta di dalamnya memiliki keunggulan-keunggulan lebih di banding yang lainnya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa bulan sya'ban berada di antara rajab dan ramadhan serta nabipn sangat menyukai datangnya bulan tersebut sebab allah swt di malam tanggal 15-nya akan mengampun dosa-dosa semua makhluknya terkecuali mereka-mereka yang sedang bertengkar dan musyrik. Maka dengan adanya hal tersebut tidak heran jika pada malam ini umat islam pun melakukan beragam amalan atau bacaan-bacaan misalnya berupa puasa nisfu sya'ban dan yang lainnya, serta melakukan puasa dan shalat, meski dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan para ulama.

Salah satu amalan yang banyak di kerjakan oleh kalangan umat muslim selain berpuasa adalah melakukan shalat di malam nisfu sya'ban, yang mana biasanya di laksanakan shalat tersebut waktunya sehabis shalat maghrib yang kemudian di lanjut dengan bacaan-bacaan seperti surat yasin sebanyak 3 kali serta di akhiri dengan bacaan doa malam nisfu sya'ban. Mengenai shalat ini biasanya di kerjakan secara sendiri-sendiri sedangkan membaca yasin atau bacaannya di lakukan secara berjamaah dalam sebuah mejlis meskipun bisa juga di lakukan sendiri.

Bacaan Niat Tata Cara Shalat Malam Nisfu Sya'ban Dan Jumlah Rakaatnya

Sebenarnya mengenai bacaan hingga tata tata cara shalat nisfu sya'ban ini sebenarnya tidak ada jauh perbedaan dengan shalat pada umumnya yang biasa di kerjakan. Tetapi hanya pada niat dan bacaan suratnya saja, meski pada surat tidak begitu di anjurkan untuk di khususkan tetapi mendekati pada keutamaannya untuk membaca surat tersebut sedangkan untuk jumlah rakaat shalat nisfu sya'ban ada yang mengatakan 6 rakaat, 10 rakaat dan ada pula yang cukup 2 rakaat dengan masing-masing dua rakaat satu kali salam.

Cara Mengerjakan Shalat Nisfu Sya'ban

Mengenai cara atau panduan dalan shalat ini sama dengan shalat lainnya yaitu di awali niat serta di akhiri salam tiap dua rakaat, sedangkan surat yang di baca setelah fatihah tiap rakaat boleh atau bebas mau apa saja sekemampuan atau yang sudah benar-benar hafal, namun lebih di utamakan membaca surat al-ikhlas sebanyak 6 kali Setelah itu di lanjut seperti shalat yang biasanya di lakukan hingga di tutup salam, berikut adalah bacaan niat seengkapnya.

Niat Shalat Nisfu Sya'ban

أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى

Usholli sunnata nisfu sya'bana rak'ataini lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku bersengaja Shalat sunnah nisfu'sya'ban karena allah ta'aalaa.

Mengenai apabila ada pertanyaan kapan shalat nisfu sya'ban di laksanakan, maka jawabannya boleh kapan saja asal masih berada pada malam tanggal 15 bulan sya'ban, dalam arti bisa setelah maghrib, sesudah isya hingga sebelum datangnya waktu subuh tidak ada waktu atau jam khusus dalam pelaksanaannya selama masih beada pada malam tersebut, serta di akhir kata jangan lupa untuk mengerjakan amalan-amalan malam nisfu sya'ban lainnya.

Iulah sedikit pembahasan tentang sholat nisfu sya'ban, jika pembahasan ini ada yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, semua kesalahan itu semua dari kebodohan diri kami sendiri. Untuk lebih memperdalam hal ini silahkan di pelajari segala hal yang berkaitan dengan bacaan niat tata cara shalat malam nisfu sya'ban dan jumlah rakaatnya 2018 hukum, sendiri, doa nisfu sya'ban, rebo wekasan, tolak bala, di rumah, niat sholat nisfu sya ban, berapa rakaat, bolehkah, berjamaah.