Keutamaan Amalan Malam Nisfu Sya'ban Tulisan Arab Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Jika berbicara tentang sesuatu yang berhubungan dengan bulan sya'ban, tentunya umat islam tidak boleh lupa dengan adanya sebuah sejarah penting dalam perjuangan baginda nabi saw ketika memperjuangkan agama ini. Perlu di ingat bahwasanya sebelum baginda rosul hijrah ke kota madinah yang menjadi kiblat untuk shalat umat islam adalah ka'bah yang berada di kota makah, tetapi setelah beliau hijrah pernah kibat di pindahkan arah ke baitul muqoddas tentunya dengan izin allah swt, tujuannya adalah agar orang yahudi terpikat untuk menganut agama tauhid yaitu islam.

Tetapi setelah berjalan selama 16 hingga 17 bulan ternyata harapan tersebut gagal bahkan umat yahudi seakan-akan mencomoohkan hal tersebut, nabi pun berdoa memohon kepada allah swt untuk memindahkan kembali kiblat tersebut ke makah. Perpindahan ini terjadi tepatnya pada tanggal 15 bulan sya'ban atau sering di kenal dengan sebutan nisfu sya'ban, sejarah yang berkaitan dengan masalah ini bisa di kaji di dalam al-qur'an surat al-baqarah ayat 143-144 sekaligus menjadi jawaban atas orang-orang yahudi yang melakukan ejekan-ejekan terhadap baginda rosul saw.

Malam nisfu sya'ban juga menjadi sebuah saat untuk berdoa karena pada malam/hari tersebut allah akan melihat makhluknya, kemudian akan mengampuni kesalahan seluruh makhluknya, kecuali orang yangg musyrik atau orang yangg bertengkar, selain itu juga imam as-syafi'i berkata dalam kitabnya Sunan Al Kubra Imam Baihaqiy juz 3 hal 319 bahwa Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban.

Keutamaan Amalan Malam Nisfu Sya'ban Tulisan Arab Dan Artinya

Dengan adanya hal tersebut maka jangan di biarkan malam nisfu sya'ban berlalu begitu saja tanpa di isi dengan amalan-amalan yang baik terutama puasa nisfu sya'ban karena nabi bersabda “Sesungguhnya (rahmat) Allah turun ke langit yang paling bawah pada malam Nishfu Sya’ban dan Ia mengampuni dosa-dosa yang melebihi dari jumlah bulu kambing milik suku Kalb.

Amalam Malam Nisfu Sya'ban

1. Membaca Surat Yasin 3 kali dengan niat

1. Dimurahkan rizky dan mati Husnul Khotimah
2. Dijauhkan dari bala dan dikuatkan iman.
3. Dipanjangkan umur dalam toat kepada Alloh.

2. Shalat Sunnah

Sebagian ulama salaf dalam menghidupkan malam nisfu sya'ban dengan cara shalat enam rakaat setelah Maghrib, setiapiap dua rakaat dengan satu kali salaman. Setiap satu rakaat membaca surat Al Fatihah satu kali dan Surat Al Ikhlas enam kali. Lalu setelah selesai dua rakaat membaca surat yasin yang di akhiri dengan membaca doa yang mashur.

3. Berdoa

Doa Malam Nisfu Sya'ban

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

4. Di siang harinya melakukan puasa sunnah sya'ban

Selain amalan di atas bisa juga di tambah dengan bacaan-bacaan lainnya seperti dzikir atau shalawat dan lain sebagainya, yang terpenting adalah mari kita isi malam nisfu sya'ban yang penuh dengan keutamaan ini unuk lebih taat kepada alah swt dengan cara memperbanyak amal kebaikan.

Pembahasan kali ini yang berhubungan dengan amalan malam nisfu sya'ban di cukupkan sekian, meskipun hanya sekilas mudah-mudahan menjadi suatu wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca semua, jika ada yang kurang berkenan dengan isi tulisan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, serta jika ada kesalahn itu semua dari kebodohan kami sebagai penulis, silahkan kalian pelajari hal-hal yang berkaitan dengan amalan malam nisfu sya'ban dan keutamaan bulan sya'ban 2018 puasa tanggal berapa, pengertian, doa, hukum, adalah, bid'ah dan lain sebagainya.

Advertisement