Pengertian Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya'ban 2018 Berapa Hari Dan keutamaannya

Advertisement
Advertisement
Kehadiran bulan sya'ban sebelum datangnya ramadhan dan setelah rajab, ternyata menyimpan rahasia besar dan keutamaan-keutamaan amalan sunnah yang begitu agung serta menuntut setiap muslim untuk mengerjakannya jika menginginkan sesuatu yang istimewa. Namun sayangnya hanya sedikit dari orang-orang islam yang mengetahui hal tersebut, bahkan yang tahu pun belum tentu bisa iklas mengerjakannya, karena bisa di bilang sya'ban ini sangat tanggung berdekatan dengan ramadhan.

baginda rosul saw sangat menyukai datangnya bulan ini, amalan-amalan pun beliau kerjakan salah satunya adalah berpuasa sunnah, jika di lihat secara hawa nafsu manusia, maka akan bertanya buat apa harus berpuasa, toh sebentar lagi akan di laksanakan selama sebualan penuh. Tetapi justru jika di lihat dari manfaat dan keutamaannya ternyata memiliki keistimewaan yang cukup besar terutama untuk melatih diri agar terbiasa, sehingga ketika bulan ramadhan nanti akan lebih sempurna dan tidak terlalu payah mengerjakannya sebab telah terbiasa menahan lapar.

Jika di ibaratkan, puasa sya'ban ini bagaikan sholat sunnah rawatib yang di kerjakan sebelum sholat wajib tujuannya untuk menyempurnakan ibadah wajib. Begitu juga uasa sunnah ini selain akan mendapatkan fahala yang cukup besar juga bisa menjadi penyempurna puasa ramadhan yang beberapa hari lagi akan segera datang. Masalah niat tidak jauh berbeda dengan puasa sunnah yang lainnya misalnya niat puasa rajab dan lain sebagainya, yang di ucapkan di dalam hati sebelum datangnya waktu di mulainya berpuasa yaitu di malam harinya.

Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya'ban Berapa Hari Pengertian Dan keutamaannya 2018

Kapan waktu puasa sya'ban di laksanakan, atau tanggal berapa.? Di kerjakan puasa sunnah ini mulai dari tanggal 1 hingga pertengahan bulan syaban atau tanggal 15. Ada yang berpendapat dari mulai tanggal 16 hingga akhir di haramkan melaksanakan puasa kecuali puasa qadha dan nadzat atau yang sudah rutin di laksanakan tidak pernah tertinggal seperti senin kamis dan daud. Namun hukum haram tersebut menjadi gugur dengan alasan sebagai mana yang tercantum dalam qitab i’aanah at-thoolibiin II/273 berpuasa tanggal 15 maka bisa puasa tanggal 16 nya, kalau tanggal 16 puasa maka boleh juga puasa tanggal 17 dan seterusnya, namun apabila tidak puasa tanggal 18 maka haram puasa tanggal 19 dan seterusnya.

Dengan begitu pengertian dari puasa sya'ban ini adalah puasa sunnah yang di laksanakan mulai dari awal bulan hingga petengahan bulan tanggal lima belas, dan tanggal selanjutnya haram kecuali dengan alasan-alasan seperti di atas, begitu juga kalangan madzhab syafi'i awal di haramkan berpuasa sya'ban mulai dari tanggal 16 hingga 30 akhir. Mengingat pentingnya puasa ini maka hendaklah segenap umat muslim untuk melaksanakannya, berikut niap puasa sya,ban selengkapnya.

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

Nawaetu sauma syahri sya'bana sunnatan lillahi ta'aalaa.

Artinya : Aku sengaja puasa sunnah bulan sya’ban karena Allah ta’alaa.

Dengan begitu jangan sampai kita sebagai umat islam yang baik, membiarkan bulan sya,ban ini berlalu begitu saja tanpa di isi dengan amalan-amalan kebajikan terutama di malam nisfu sya'ban. Adapun di antara hadits yang menerangkan tentang puasa sya'ban ini yaitu "Sya’ban merupakan bulan di mana orang-orang mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.(HR. An Nasa’i)".

Itulah pembahasan yang berkaitan dengan puasa nisfu sya'ban beserta sedikit keterangannya. Untu lebih mengetahui lebih jauh hal-hal yang berhubungan dengan ini silahkan di pelajari niat puasa sunnah nisfu sya'ban berapa hari pengertian dan keutamaannya 2018 nawaitu, rajab, adalah, berapa lama, jatuh tanggal, kapan, hikmah dan lain sebagainya.

Advertisement