Berapa Hari Puasa Rajab 2018 Jatuh pada Tanggal

Berapa Hari Puasa Rajab 2018 Jatuh pada Tanggal - Jika yang di tanyakan puasa wajib di bulan ramadhan mungkin hal tersebut sudah tidak perlu di jawab lagi secara serius, karena pastinya setiap orang telah mengetahui kapan puasa tersebut di laksanakan. Tetapi masalahnya bagaimana apabila yang di pertanyakan adalah puasa sunnah pada bulan bulan tertentu, maka pastinya harus di tanggapi secara serius, kenapa bisa begitu sebab di indonesia ini terdapat dua penanggalan yang di pegang oleh umat islam, pertama adalah yang di tetapkan oleh pemerintah yaitu masehi dan yang kedua adalah penanggalan khusus untuk umat islam yang di beri nama hijriyah.

Jika kedua kalender tersebut memiliki kesamaan dalam penghitungan tanggal, hari dan bulan, mungkin tidak menjadi masalah serta tidak akan membuat orang-orang bingung, tetapi nyatanya antara masehi dan hijriyah penghitungan tanggalnya berbeda. Salah satu yang menjadi problem bagi kalangan umat islam yaitu tidak semua kalender yang tersebar di masyarakat di lengkapi dengan penanggalan hijriyah, sehingga ketika ada hajat yang sudah biasa di kerjakan setiap tahun seperti halnya puasa rajab mereka akan di pusingkan dengan pertanyaan kapan di mulainya bulan rajab.

Nah oleh sebab itulah kami di sini merasa terdorong untuk memberikan sedikit informasi yang berkaitan dengan berapa hari puasa rajab 2018 jatuh pada tanggal bertujuan agar orang-orang yang tidak tersedia kalender hijriyah di rumah-rumahnya bisa mengetahui kapan awal masuknya bulan rajab tersebut serta mereka tidak lupa untuk menyambutnya dengan di isi oleh amalan-amalan kebajikan seperti puasa sunnah dan yang lainnya. Meski pada nyatanya informasi ini bagi mereka yang memiliki kalender islam serta telah mengetahui tentang puasa tidak begitu membantu.

Berapa Hari Puasa Rajab 2018 Jatuh pada Tanggal

Seperti telah dibahas pada tulisan sebelumnya, bahwa rajab ini termasuk pada bulan haram atau mulia dari tiga bulan lainnya, serta dalam beberapa dalil serta hadits di terangkan bahwa nabi saw menyukai puasa ketika bulan-bulan tersebut datang, dengan begitu tidak lah heran jika sebagai umatnya kita pun sekarang harus melaksanakannya sebab di dalamnya tersimpan berbagai keunggulan yang bisa di raih oleh mereka yang mengerjakannya baik itu 1 hari, 2 atau 3 hari dan lain sebagainya. Tetapi maslahnya berapa hari puasa ini afdhal untuk di kerjakan dan utamanya tanggal berapa saja.

Puasa Rajab 2018 Jatuh Pasa Tanggal

Sebelum membahas tentang berapa jumlah hari atau tanggal berapa saja puasa rajab di kerjakan, akan kita mulai dulu kapan tanggal 1 rajab jika di hitung dalam kalender masehi dan hari apa?. Jika memiliki kalender tahun sekarang yaitu 1439 H maka tanggal 1 rajab Jatuh pada tanggal 19 maret 2018 Hari Senin. Jangan heran jika tanggal kedua kalender ini berbeda karena seperti yang telah di bahas di atas dan inilah yang sering membuat orang kebingungan dalam mengetahui awal masuknya bulan hijriyah.

puasa rajab berapa hari ?

Mengenai pertanyaan ini maka kami hanya bisa menjawab bahwa dalam puasa sunnah rajab ini tidak ada ketentuan jumlah bilangan hari yang di haruskan, tetapi terdapat dalam sebuah hadist bahwa 1 hari puasa maka bagaikan 1 bulan, 7 hari di tutpkan pintu neraka, 8 hari akan di bukakan pintu surga dan 10 hari akan seluruh keinginannya. Melihat dari hari ini maka puasa rajab boleh di kerjakan berapa hari saja semampunya masing-masing. lalu tanggal berapa di mulainya, dalam hal ini juga tidak ada kepastian khusus namun setelah kami bertanya pada ustad-ustad atau sebagian para guru bahwa puasa rajab lebih utama di kerjakan mulai tanggal 1 hinggal tanggal 10 bulan rajab.

Sampai di sini maka dapat di simpulkan bahwa puasa rajab bisa di mulai dari tanggal 1 yaitu 19 maret 2018, sementara untuk jumlah berapa harinya boleh sekemampuan saja, semakin banyak maka akan lebih besar pula kebaikan pahala yang akan di dapat. Mari kita sambut bulan mulia ini dengan amalan-amalan kebaikan jangan hanya di biarkan berlalu begitu saja karena momen seperti ini hanya datang setahun sekali.

Itulah beberapa pembahasan yang berkaitan dengan puasa rajab 2018 jatuh pada tanggal silahkan di cermati dengan baik serta jangan lupa untuk di kerjakan. dari kami mohon maaf atas keterbatasannya serta apabila ada perkataan yang tidak berkenan apalgi kesalahan itu semua dari kebodohan kami sebagai hamba yang tidak memiliki ilmu dan pengetahuan. Silahkan di pelajari semua yang ada pada berapa hari puasa rajab 2018 jatuh pada tanggal tanggal, bulan, hadits shahih tentang puasa rajab, manfaat, pengertian puasa rajab, adalah, tahun serta hal-hal lainnya.