Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Tarawih Dan Witir Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Tarawih Dan Witir Sesuai Sunnah - Alhamdulillah bulan suci ramadhan telah tiba, semoga dengan masih di pertemukannya dengan bulan agung ini kita semua bisa menjalankan segala perintah allah sebaik mungkin, dan mudah-mudahan di bulan ramadhan ini kesehatan selalu menyertai, sehingga apa yang di cita-citakan yaitu puasa secara sempurna dan amalan-amalan sunnahnya bisa terlaksanakan dengan baik.

Seperti kita ketahui bersama pada tiap malam bulan ramadhan ada sebuah kesunahan yang di anjurkan pelaksanaannya yaitu berupa sholat tarawih. Ibadah sunnah ramadhan ini bukan lah berawal dari budaya masyarakat islam yang turun temurun namun sebuah kesunnahan yang langsung di anjurkan seerta di contohkan oleh baginda nabi saw beserta para shabatnya serta memiliki nilai sangat tinggi dimana mereka yang bisa melaksanakan tarawih hingga akhir sudah pasti akan mendapatkan limpahan pahala sangat besar.

Selain itu sholat tarawih juga bukan sholat sunnah yang hanya di anjurkan pada sebagian umat saja, namun seluruh umat islam yang berakal, sehat, laki-laki dan perempuan di anjuran untuk mengerjakan sahalat tarawih ini selama 30 malam di bulan ramadhan baik itu secara di berjamaahkan atau sendiri-sendiri tentunya dengan niat shalat tarawih dan tata cara sebagai mana mestinya yang di contohkan oleh nabi dan para ulama terdahulu.

Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Tarawih Dan Witir Sesuai Sunnah

Sesuai dengan judul kami di sini tidak akan membahas lebih jauh tentang sholat tarawih seperti jumlah rakaatnya hingga tata cara dan panduannya secara lengkap, namun hanya akan sedikit memberi informasi seputar doa yang akan di bacakan setelah selesai sholat tarawih dan witir lengkap latin dan juga artinya atau terjemahannya. Memang biasanya jika sholat ini di berjamaahkan makasebagai makmum cukup memberi amin saja tidak perlu mambacakan doanya cukup imam saja, namun alangkah baiknya jika makmum pun hafal bacaan doa sesudah setelah sholat tarawih dan witir sesuai sunnah serta yang lainnya.

Jika di lihat dari segi kalimat, doa sholat tarawih ini memang terlihat cukup panjang apalagi jika di gabung beserta witirnya, namun apabila niat dalam hati benar-benar ingin memahami doanya secara serius maka kami yakin tidak akan lama juga hafal, atau agar lebih mempurmudah bisa juga dengan cara salin doa ini kedalam perangkat hp atau kertas lalu sering-sering untuk melihat dan membacanya, maka semakin sering akan semakin hafal juga, berikut adalah bacaan doa selengkapnya.

Doa Sesudah Sholat Tarawih / Do'a Kamilin

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummaj‘alna bil imaani kamiliina. Wa lil faraaidli muaddiina. Wa lish-shalaati haafidhiina. Wa liz-zakaati fa‘iliina. Wa limaa ‘indaka thalibiina. Wa li ‘afwika rajiina. Wa bil-huda mutamassikiina. Wa ‘anil laghwi mu‘ridliina. Wa fid-dunyaa zaahdiina. Wa fil ‘akhirati raghibiina. Wa bil-qadla’I radliina. Wa lin na‘maa’I syakiriina. Wa ‘alal balaa’i shabiriina. Wa tahta lawaa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallama yaumal qiyaamati saa’iriina wa ilal haudli waaridiina. Wa ilal jannati daakhiliina. Wa min sundusin wa istabraqin wadiibaajin mutalabbisiina. Wa min tha‘aamil zannati aakiliina. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaaribiina. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka‘sin min ma‘iin. Ma‘al ladziina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wa hasuna ulaa’ika rafiiqan. Daalikal fadl-lu minallaahi wa kafaa billaahi ‘aliiman. Allaahummaj‘alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su‘adaa’il maqbuuliin. Wa laa taj‘alnaa minal asyqiyaa’il marduudiina. Wa shallallâhu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi ajma‘iina. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillâhi rabbil ‘aalamiin.

Artinya : Yaa Allah. jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya. yang memenuhi kewajiban- kewajiban. yang memelihara sholat. yang mengeluarkan zakat. yang mencari apa yang ada di sisi-Mu. yang mengharapkan ampunan-Mu. yang berpegang pada petunjuk. yang berpaling dari kebatilan. yang zuhud di dunia. yang menyenangi akhirat . yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu). yang mensyukuri nikmat. yang sabar atas segala musibah. yang berada di bawah panji-panji junjungan kami. Nabi Muhammad. pada hari kiamat. yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad). yang masuk ke dalam surga. yang selamat dari api neraka. yang duduk di atas ranjang kemuliaan. yang menikah dengan para bidadari. yang mengenakan berbagai sutra .yang makan makanan surga. yang minum susu dan madu murni dengan gelas. cangkir. dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi. shiddiqin. syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah. dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah. jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya. dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad. serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu. wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa Sesudah Sholat Witir

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَّامَ الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَا مَنَا وَقِيَا مَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: sholat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad s.a.w, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.

Untuk para imam mesjid kami yakin sudah sangat hafal dengan bacaan doa tarawih ini namun tidak menutup kemungkinan jika ada di antara para jamaahnya yang sama sekali tidak mengetahui secara baik. Oleh karena itu bagi yang belum tahu silahkan hafal sebaik mungkin agar bisa di amalkan, sebab tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti tidak bisa mengikuti sholat tarawih secara berjamaah di mesjid. Nah agar lebih memantapkan pengetahuan silah kan pelajari yang berkaitan dengan bacaan doa sesudah sholat tarawih dan witir sesuai sunnah do'a kamilin sholat, latin, lengkap, pdf, bilal pada, setelah, ringkas, pendek, sendiri, berjamaah, 11 rakaat dan lain sebagainya.