Pengertian Syarat Wajib Rukun Puasa Ramadhan Lengkap

Pengertian Syarat Wajib Rukun Puasa Ramadhan Lengkap - Ketika seseorang akan melaksanakan ibadah baik itu wajib atau sunnah maka hal pertama yang harus di pelajari sebelum melakukan ibadah tersebut adalah mengetahui syarat-syarat dan rukunnya. Sebab apabila hal ini tidak di ketahui maka bisa di pastikan ibadahnya tidak akan sempurna, bahkan apabila sudah tahu lalu sengaja di tinggalkan maka ibadah tersebut tidak sah, bukan hanya pada shaat saja tetapi dalam berpuasa pun rukun dan syarat ini berlaku.

Pengertian Rukun Dan Syarat

Sebelum kita membehas pada pokok permasalahan yaitu rukun puasa dan syarat sah wajib puasa maka sebaiknya mengetahui dulu apa yang di sebut dengan rukun dan apa yang di sebut dengan syarat. Syarat adalah Suatu hal yang harus di tunaikan sebelum melaksanakan pekerjaan (ibadah) apabila syaratnya tidak sempurna maka maka ibadah itu tidak sah. Sedangkan Rukun adalah sebuah hal yang mesti di kerjakan dalam memulai suatu pekerjaan atau ibadah dan rukun juga menjadi hal pokok yang tidak boleh tertinggal atau di tinggalkan sebab menyangkut juga pada sah atau tidaknya ibadah tersebut, seperti halnya membaca niat puasa ramadhan salah satunya.

Setelah kita mengetahui apa yang di sebut dengan syarat juga rukun maka di lanjut dengan pembahasan pokok yaitu berapa rukun puasa serta apa saja syarat sah dalam menjalankan ibadah ini. Akan kita awali muali dari jumlah syarat puasa yang mana pada bagian ini terbagi atas dua bagian yaitu pertama syarat wajib dan yang kedua syarat sah, lalu apa perbedaan dari keduanya tersebut mari kita simak di bawah ini.

Pengertian Rukun Puasa Ramadhan Lengkap Syarat Sah Wajib Puasa

Syarat Sah Puasa

1. Islam.
2. Berakal
3. Suci Dari hadats seperti haid atau nifas.
4. Mengetahui waktu puasa sebelumnya bagi orang yang berpuasa.

Syarat Wajib Puasa

1. Islam.
2. Mukallaf
3. Kuat melakukan puasa.
4. Sehat.
5. Iqamah (tidak bepergian)

Apabila seorang laki-laki atau perempuan beragama islam, berakal tidak gila atau hilang akalnya karena pingsan, tidak sedang halangan seperti haid khusus bagi perempuan serta mengetahui waktunya berpuasa maka dalam hal ini dia sudah di wajibkan melaksanakan puasa secara penuh.

Rukun Puasa

1. Niat pada malam harinya untuk setiap harinya puasa fardhu.
2. Meninggalkan hal yang membatalkan puasa
3. Shaim (orang yang melakukan puasa)

Apabila semua puasa ramadhan serta syaratnya bisa terpenuhi dengan baik maka di pastikan puasanya pun sah dan sempurna. Maka dari itu sebaiknya khusus untuk para ibu jangan lupa mengajarkan anak-anaknya tentang hal ini mulai dari kecil agar mereka faham serta tidak mengabaikan puasa begitu saja.