Tata Cara Bacaan Niat Shalat Jamak Dan Qashar Takhir, Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya

Tata Cara Bacaan Niat Shalat Jamak Dan Qashar Takhir, Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya - Shalat jamak adalah salah satu satu keringanan dalam beribadah wajib 5 waktu yang boleh di laksanakan apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan yaitu harus sedang berada dalam perjalanan dan bukan bertujuan untuk maksiat. Maksud dari jamak tiada lain mengumpulkan 2 waktu shalat dalam 1 waktu baik itu di tarik ke awal atau di akhirkan yang di sebut dengan jamak takhir dan taqdim, adapun di antara shalat yang boleh di jamak yaitu maghrib, isya, dhuhur dan ashar sedangkan untuk subuh di sempurnakan.

Adapun mengenai qashar shalat yaitu meringkas jumlah rakaat yang tadinya asalnya empat menjadi di antara waktu yang boleh di qashar yaitu ashar dhuhur dan isya. Tetapi mengenai jamak dan qashar ini boleh di lakukan apabila seseorang sudah memenuhi jarak tempuh minimal seorang musafir sebagaimana yang sudah di tetapkan oleh kalangan para ulama dan kiyai dalam kitab-kitab ibadah. Adapun ketentuan jarak shalat jamak dan qashar ini yaitu 2 marhalah 81 Km / perjalanan 2 hari / 16 farshah menurut Syafi'iyyah, Malikiyyah dan Hanabilah, sedangkan hanafiyah berpendapat 3 marhalah.

Sebelum memahami tata caranya yang benar maka harus diingat terlebih dahulu bahwa jamak artinya menggabungkan 2 waktu shalat dan jumlah rakaat tetap di sempurnakan tetapi jika qashar maksudnya meringkas 4 menjadi 2 rakaat. Sehingga apabila di gabungkan keduanya yang di sebut dengan shalat jamak qashar berarti menggabungkan 2 waktu serta meringkas rakaat, misalnya niat shalat jamak takhir serta qashar dhuhur dan asar maka di lakukan keduanya pada waktu ashar dengan masing-masing 2 rakaat, dan sebaliknya untuk taqdim serta qashar.

Tata Cara Niat Shalat Jamak Qashar Takhir Dan Taqdim Dhuhur Ashar Maghrib Isya

Sementara untuk syarat diperbolehkannya shalat jamak atau qashar seperti tujuan dari perjalanan tersebut bukan untuk maksiat, harus sudah keluar dari kampung halaman atau batas desanya, dan lain sebagainya. Yang sering menjadi perbincangan yaitu bagi orang yang bertujuan bertamasya atau rereasi apakah boleh menjamak shalat? dalam hal ini karena sipatnya tidak bernilai ibadah bahkan sebaliknya mendekati maksiat, maka tidak di anjurkan untuk menjamak shalat, sedangkan yang bepergian dengan tujuan yang baik tapi menggunakan pesawat sehingga waktu tempuh lebih ringkas maka dalam hal ini boleh di jamak dan boleh juga di sempurnakan.

Sedangkan dalam hal tata cara pelaksanaan baik itu gerakan atau bacaan di dalamnya, tidak ada perbedaan dengan shalat pada umumnya yaitu di awali dengan niat sambil takhbirotul ikhram dan di akhiri salam. Adapun niatnya memang berbeda sebab niat ini menjadi pembeda antara satu ibadah dengan ibadah lainnya, seperti yang akan kita bahas di bawah nanti dengan lengkap. Dan silahkan hapalkan hingga benar-benar paham kemudian amalkan apabila memang sedang di butuhkan, mengapa hanya membahas niat saja, sebab rata-rata kebanyakan orang tahu tata cara tetapi tidak paham niatnya.

Niat Qashar Isya

أصلى فرض العشاء ركعتين مستقبل القبلة قصرا لله تعالى

Usolli fardhal isya-i rak’ataini mustaqbilal qiblati qasran lillahi ta’la

Artinya : Saya niat shalat isya dua rekaat menghadap qiblat keadaan qashar karena Allah

Niat Jamak Takhir Serta Qashar Ashar Dan Dhuhur

أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Usolli Fardho dhuhri zam'a taqdimi bil'asri qosro ro'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Saya Niat shalat fardhu dhuhur dijamak takhir dengan ashar serta jamak qashar karena allah ta'alaa.

Niat Jamak Taqdim Serta Qashar Dhuhur Dan Ashar

أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Usolli Fardho dhuhri zam'a taqdimi bil'asri qosro ro'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Saya Niat shalat fardhu dhuhur dijamak taqdim dengan ashar serta jamak qashar karena allah ta'alaa

Niat Jamak Takhir Isya Dan Maghrib

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخيرالله تعالى

Usolli fardhol maghribi salasa rok'atin majmu'an bil'isya-i zam'a takhiri lillahi ta'alaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu maghrib tiga rekaat dijama’ bersama isya’ dengan jama’ ta’khir karena Allah Ta’ala.

Niat Jamak Takhir Ashar Dan Dhuhur

أصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخيرالله تعالى

Usolli fardho dhuhri arba'a rok'atin mazmu'an bil 'asri zam'a takhiri lillahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu maghrib empat rekaat dijama’ bersama ashar dengan jama, ta’khir karena Allah Ta’ala.

Niat Jamak Taqdim Maghrib Dan Isya

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم لله تعالى

Usholli fardhol maghribi salasa rok'atin majmu'an bil'isya-i zam'a taqdimi lillahi ta'alaa.

Arinya : Saya niat shalat fardlu maghrib tiga rekaat dijama’ bersama isya’ dengan jama’ taqdim karena allah Ta’ala.

Niat Jamak Taqdim Dhuhur Dan Ashar

أصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى

Usolli fardho dhuhri arba'a rok'atin mazmu'an bil 'asri zam'a taqdimi lillahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat shalat fardlu dhuhur empat rekaat dijamak bersama ashar dengan jamak taqdim karena Allah Ta’ala.

Niat dalam beribadah termasuk rukun yang harus di penuhi di mana apabila sengaja di tinggalkan maka di pastikan tidak sah ibadah tersebut baik itu amalan yang hukumnya sunnah atau wajib. Sehingga jika begitu maka mengetahui semua niat sholat jamak qashar takhir dan taqdim tiap waktu juga menjadi keharusan apabila ingin mengerjakannya dengan benar, silahkanbaca hingga benar-benar memahaminya dengan sempurna.