Manfaat Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Tasbih Waktu Hukum Dan Keajaiban

Advertisement
Advertisement
Sholat tasbih adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pelaksanaannya karena memiliki keutamaan luar biasa, bahkan peritah dari sholat ini benar-benar lebih di tekankan untuk di lakukan setiap hari satu kali, dan jika memang tidak mampu setidaknya sebulan sekali saja, tidak mampu lagi setahun 1 kali saja atau masih tidak bisa minimal pernah mengerjakan 1 kali dalam seumur hidup. Bahkan ada yang berpendapat siapa saja umat islam yang tidak pernah mengerjakannya dalam seumur hidup maka dia termasuk orang yang meremehkan terhadap agama.

Jika seandainya seorang muslim sudah mencerminkan dirinya pada kategori menganggap kecil terhadap suatu ibadah sunnah maka meskipun sudah di perjelas tentang keutamaan dan keitimewaan yang di dapat dari ibadah tersebut tetap saja tidak akan mendengar apalagi sampai mengerjakannya. Padahal ibadah yang di anjurkan tersebut sangatlah mudah pengerjaannya bahkan tidak akan menghabiskan waktu lama termasuk juga untuk sholat tasbih atau ibadah lainnya misal seperti sholat hajat dan sejenisnya apalagi dalam sholat tasbih bisa di lakukan siang atau malam hari.

Apabila membahas ibadah yang satu ini maka pasti cukup menarik sekali untuk lebih di perjelas apalagi mengenai tata caranya yang menar, sebab meskipun gerakannya sama dengan pada umumnya akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang harus benar-benar di pahami oleh setiap orang yang mau mengerjakannya terutama dari sisi bacaan dan kapan serta berapa banyak bacaan tasbih dari tiap masing-masing-masingnya. Bahkan bacaan tasbih dalam shalat ini menurut tiap rakaatnya sebanyak 75 kali bacaan di kali 4 rakaat menjadi berapa, dan inilah salah satu yang membedakan sekaligus membuat sholat tasbih ini lebih di unggulkan.

Manfaat Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Tasbih Waktu Hukum Dan Keajaiban

Manfaat Keajaiban Dan Keutamaan Sholat Tasbih
Meskipun sholat tasbih ini hampir sama dengan ibadah sunnah lainnya yaitu cukup ringan dan ringkas bahkan tidak menghabiskan waktu berjam-jam, tetapi nyatanya hanya sedikit orang yang mampu mengerjakan sholat tasbih dalam kehidupannya bahkan bisa prediksi hanya sebagian kecil dari keseluruhan umat islam, entah apa itu masalahnya namun nyatanya demikian. Memang di sadari atau tidak bahwa ketika suatu pekerjaan memiliki nilai lebih tinggi dengan hasil istimewa maka tantangan yang harus di lalui untuk mendapatkan hal tersebut maka akan semakin sulit juga, tidak sedikit rintangan dan tantangan datang silih berganti.

Dengan begitu tidak heran apabila sholat tasbih ini juga seakan terasa berat di kerjakan padahal sangat mudah dan ringan, rasa malas dan halangan selalu saja datang menghalangi untuk tidak melakukannya meski sebenarnya sudah paham bagaimana tata cara yang benar untuk panduan sholat sunnah ini. Apa yang menjadi permasalahan sebab sholat tasbih memiliki manfaat dan keutamaan cukup tinggi serta pahala yang bisa menjamin keselamatan hidup dunia dan akhirat, ketenangan pikiran hati dan jiwa akan tercapai dengan mengerjakannya, sebagaimana dalam beberapa dalil hadits menyebutkan.

Rasulullah SAW mengajarkan Sayidina Abbas RA (pamannya) sembahyang tasbih. Kepadanya, Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan besar sembahyang tasbih. Salah satunya adalah ampunan Allah SWT, ‘Kalau saja dosamu sebanyak gundukan pasir, niscaya Allah SWT akan mengampuni dosamu

1. Bacaan Tasbih Merupakan kalimat Paling di unggulkan yang di pilih oleh allah swt
2. Menambah timbangan amal kebaikan
3. Bisa Mendapatkan kebun Kurba Di Surga Nanti
4. Menghapuskan Dosa Yang Banyak
5. Mencegah Kesedihan Dan Penyakit
6. Mencegah Dari Perbuatan Orang-Orang Yang Berniat Keji

Waktu Sholat Tasbih

Untuk permasalahan waktu pelaksanaan sholat tasbih terbagi menjadi 2 yaitu boleh di siang hari dan malam hari asal di usahakan jangan pada waktu yang telah di tetapkan makruh atau haram untuk mengerjakan sholat seperti ketika matahari terbit, saat matahari tepat berada di posisi tengah sehingga tidak timbul bayangan terkecuali pada hari jum'at, sesudah mengerjakan sholat subuh hingga matahari naik sepenggalah, sesudah sholat ashar dan saat matahari terlihat ke kuning-kuninggan sampai tenggelam. Namun apabila sholat tasbih di kerjakan pada siang hari maka dilakukan empat rakaat satu kali salam tanpa tahiyyat awal, dan apabila malam hari 2 kali salam dengan masing-masing 2 rakaat.

1. Jumlah Rakaat Sholat Tasbih 4 Rakaat
2. Jika Siang Hari 4 Rakaat 1 kali Salam Tanpa Tasyahud Awal
3. Jika Malam Hari 4 Rakaat 2 Kali Salam

Hukum Sholat Tasbih

Jika di antara saudara ada yang menanyakan bagaimana kedudukan dari hukum sholat tasbih maka sudah pasti jawabannya sunnah dan di anjurkan minimal 1 kali dalam seumur hidup, lebih beik lagi jika tiap hari. Dalil yang menerangkan sholat tasbih in salah satu yang memiliki arti sebagai berikut:

Dari Ibnu Abbas, sebenarnya Rasulullah Saw berkata pada al-‘Abbas bin Abdul Muththalib : “Wahai ‘Abbas, wahai paman, maukah engkau saya beri, sudikah engkau saya kerjakan suatu hal terhadapmu 10 perkara bila engkau ingin mengerjakannya ; Allah mengampuni dosamu, yang pertama serta yang paling akhir, yang dulu serta yang baru, yang tersilap serta berniat, yang kecil serta yang besar, yang rahasia serta yang riil, 10 perkara. Engkau kerjakan shalat empat rakaat, engkau baca dalam tiap-tiap rakaat al-Fatihah serta surat. Saat usai membaca itu, saat engkau tegak, engkau katakan : ‘Maha Suci Allah, semua puji untuk Allah, tidak ada tuhan terkecuali Allah serta Allah Maha Besar, sejumlah 15 kali. Lalu engkau ruku’, engkau katakan 10 Tasbih. Lalu engkau angkat kepalamu dari ruku’, engkau katakan 10 kali, lalu engkau sujud, engkau katakan 10 kali. Lalu engkau angkat kepalamu dari sujud, engkau katakan 10 kali. Lalu engkau sujud (ke-2), engkau katakan 10 kali. Lalu engkau angkat kepalamu dari sujud, engkau katakan 10 kali. Jadi tersebut 75 kali tasbih. Engkau kerjakan itu sejumlah 4 rakaat. Bila engkau dapat melakukannya 1x satu hari, jadi laksakanlah. Bila engkau tidak dapat, jadi kerjakanlah satu minggu sekali. Bila engkau tidak dapat, jadi kerjakanlah sebulan sekali. Bila engkau tidak dapat, jadi kerjakanlah satu tahun sekali. Bila engkau tidak dapat, jadi seumur hidup sekali”.

Tata Cara Sholat Tasbih

Seperti yang telah di singgung pada bagian atas bahwa pada sholat tasbih ini terdapat bacaan-bacaan yang berbeda dengan peda umumnya yaitu banyaknya kalimat tasbih yang harus di baca namun dalam gerakan keseluruhan dari sholat tasbih ini tidak ada perbedaan yanti di awali niat saat takhbiratul ikhram dan di akhiri salam apabila sudah selesai. Sebelum memberikan tata cara secara terperinc maka terlebih dahulu akan di susun rincian dari bacaan tasbih dalam 1 rakaat, berapa jumlahnya dan kapan harus di bacakannya, berikut adalah rinciannya.

Bacaan Tasbih pada Sholat Tasbih

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illa allahu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi

15 kali Sesudah membaca al-Fatihah dan Surat.
10 kali Ketika ruku’.
10 kali Ketika 'itidal.
10 kali Ketika Sujud.
10 kali Ketika duduk diantara dua Sujud.
10 kali Ketika Sujud kedua.
10 kali Tasbih pada duduk istirahat setelah Sujud sebelum tegak.
Khusus pada Tasyahhud dibaca 10 kali setelah Tasyahhud.

1. Takhbiratul Ikhram "Allahuakhbar" Bersamaan dengan niat di dalam hati

Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tasbihi arba'a ra'aatin lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat sholat sunat tasbih empat rakaat, karena Allah Taala.

Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tasbihi rak'ataini Lillahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat sholat sunnah tasbih dua rakaat karena allah ta'ala

2. Membaca doa iftitah

3. Membaca Surat Fatihah

4. Membaca Salah Satu Surat Dari Al-Qur'an

5. Membaca Kalimat Tasbih 15 kali

6. Ruku Dan Membaca Tasbih 10 kali

7. 'itidal atau bediri dari ruku lalu membaca tasbih 10 Kali

8. Sujud Dan Membaca Tasbih 10 Kali

9. Duduk di antara dua sujud dan membaca tasbih 10 kali

10. Sujud Lagi dan membaca tasbih 10 kali

11. Duduk istirahah yaitu sebelum berdiri untuk melakukan rakaat kedua sambil membaca tasbih 10 kali

Itulah rincian dari rakaat pertama sholat tasbih, lakukan hal tersebut untuk rakaat yang lainnya, kemudian nanti d tutup dengan tasyahud atau tahiyat akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih 10 kali sebelum membaca doa tasyahud dan di tutup salam, amun ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa sholat tasbih ini di lakukan 4 rakaat 1 kali salam baik siang ataupun malam. Jika sudah selesai mengerjakannya maka di tutup dengan bacaan doa, atau boleh juga sebelumnya berdzikir terlebih dahulu, berikut adalah bacaan doanya.

Manfaat Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Tasbih Waktu Hukum Dan Keajaiban

Manfaat Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Tasbih Waktu Hukum Dan Keajaiban

Sampai di sini maka sholat tasbih sudah selesi di kerjkn dengan benar, maka sekarang jik sudah memahami bagaimna tuntunan atau panduan lengkpnya, langsung saja amalkan agr tidak lupa lagi. Serta silahkan pelajari lebih jauh seputar yang berkaitan dengan manfaat bacaan doa niat tata cara sholat tasbih waktu hukum dan keajaiban, berjamaah kapan dilakukan ldii, no online, pdf, itu apa dan lain sebagainya.

Advertisement