Keutamaan Puasa Bulan Muharram 9 10 Keistimewaan Asyura Dan Tasu'a

Keutamaan Puasa Bulan Muharram 9 10 Keistimewaan Asyura Dan Tasu'a - Bulan muharram merupakan momen paling penting bagi semua islam karena tidak hanya menjadi awal dan akhir tahun hijriyah tetapi juga termasuk bulan paling di unggulkan setelah ramadhan. Berbagai jenis amalan yang di lakukan saat muharram memiliki pahala yang berlipat ganda serta lebih besar di abnding dilakukan pada bulan lainnya seperti contoh salah satunya puasa asyura yang akan di berikan pahala berupa penghapusan dosa setahun lalu.

Keutamaan puasa muharram atau hikmah yang berada pada amalan bulan tersebut bukanlah cerita baru yang di ada-ada oleh segelintir masyarakat, tetapi banyak sekali hadits yang menjadi dalil dari keunggulan pelaksanaan puasa pada bulan muharram ini terutama pada tanggal 9 dan 10 ynag di sebut dengan asyura serta tasu'a. Sehingga wajar apabila banyak umat islam dari berbagai kalangan selalu menyambut kedatangan bulan mulia ini dengan rasa suka cita dan memperbanyak amal ibadah di dalamnya.

Tulisan ini yang kami beri judul tentang keutamaan puasa muharram bisa kalian simak dengan baik agar menjadi motivasi gunak selalu melaksanakan puasa di bulan muharram, dan kesanahnya agar menjadi pengetahuan bermanfaat yang bisa selalu di amalkan. Sebab akan sayang rasanya apabila ibadah yang memiliki keutamaan lebih serta pahala besar tidak bisa di lakukan dengan baik atau di tinggalkan begitu saja, terlebih kesempatan besar ini hanya ada satu tahun sekali.

Keutamaan Puasa Bulan Muharram 9 10 Keistimewaan Asyura Dan Tasu'a

Keutamaan Puasa Muharram

Ada satu waktu di mana umat islam di anjurkan untuk melakukan ibadah sunnah puasa tepatnya pada tanggal 10 muharram yang di kenal dengan sebutan puasa asyura, dalam beberapa keterangan juga di jelaskan bahwa puasa yang satu ini lebih di unggulkan di banding puasa sunnah lainnya. Yang menjadi pertanyaan apa keunggulan yang ada pada puasa asyura ini, mari kita simak dan awali dari salah satu keterangan yang di tuturkan oleh ibnu abas RA yang berbunyi:

ما علمت رسول الله صلى الله عليه وسلم صام يوما يتحرى صيامه على الأيام إلا هذا اليوم، يعني يوم عاشوراء

Artinya : Saya tidak mengetahui rasulullah saw bersungguh-sungguh untuk berpuasa kecuali pada hari ini, yakni hari asyura (Musnad As syafi'i)

Perkataan ibnu abas ra di atas memberikan gambaran kepada kita bahwa begitu penting dan istimewanya puasa 10 muharram sehingga di ibaratkan dengan sangat bersungguh-sungguh. Dalam hadits lain juga di katakan bahwa puasa pada bulan muharram tersebut yaitu asyura dapat menghapus dosa selama setahun yang lalu, pernyataan ini tercantum dalam salah satu hadits yang di riwayatkan dari ibnu majah bunyinya:

صيام يوم عشوراء، إني أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله

Artinya : Puasa hari Asyura, saya berharap agar Allah SWT mengampuni dosa satu tahun sebelumnya, (HR Ibnu Majah)

Sungguh luar biasa jika kita melihat pada hadits ini, di mana hanya 1 hari berpuasa namun pahala yang akan di dapat 1 tahun penghapusan dosa. Coba teliti dengan baik berapa banyak dosa yang di lakukan oleh kita dalam setahun, mungkin satu hari saja sangat susah untuk menghitungnya. Yang di maksud dengan dosa di sini bukan dosa besar melainkan dosa kecil sebab untuk dosa besar hanya bisa hilang dengan bertaubat.

Selain mendapatkan ampunan dosa selama satu tahun sebelumnya, puasa asyura juga memiliki keunggulan lain yaitu di ibaratkan puasa setahun. Satu hari puasa bagaikan melakukan puasa selama setahun. Hal ini tentu cukup luar biasa sebab jarang rasanya akan ada orang yang mampu dengan sengaja melakukan puasa setahun penuh. Pandangan ini didasarkan pada riwayat dari Sa’id bin Jubair yang terdapat dalam kitab Al-Atsar karya Abu Yusuf dengan bunyi.

صوم يوم عاشوراء يعدل صوم سنة

Artinya : Puasa ‘Asyura setara dengan puasa satu tahun.

Jika melihat sekilas mengenai penjelasan di atas maka pada puasa sepuluh bulan muharram ini memiliki 2 keutamaan dan juga hikmah yang sangat luar biasa pertama di hapuskan dosa setahun, kedua di ibaratkan puasa setahun. Selain ini masih banyak keunggulan-keunggulan yang ada pada puasa bulan muharram, namun kedua jenis ini juga insyaallah akan memberikan sedikit dorongan untuk kita guna tidak menganggap kecil pada ibadah sunnah ini.

Untuk pembehasan kali ini mengenai keutamaan puasa muharram di cukupkan sekian, semoga ulasan sekilas ini bermanfaat dan dapat di amalkan banyak umat islam. Harapan kami semoga artikel yang ada di website keislaman ini menjadi suatu ilmu bagi para pemirsa yang ingin mengetahui seputar doa-doa, puasa dan amalan sehari-hari lainnya. Silahkan pelajari atau baca dengan baik hingga selesai agar tidak terjadi salah pemahaman.