Doa Niat puasa Sunnah 9 Dan 10 Di Bulan Muharram Tasu'a Asyura 2018

Doa Niat puasa Sunnah 9 Dan 10 Di Bulan Muharram Tasu'a Asyura 2018 - Muharram adalah waktu istimewa untuk dijadikan tempat memperbanyak amal ibadah guna menambah bekal nanti di akhirat berupa pahala besar. Di banding dengan bulan lainnya, muharram ini di bilang paling unggul yang memiliki keutamaan lebih serta keistimewaan luar biasa apabila di manfaatkan dengan beribadah. Selain itu juga banyak sekali kisah yang bisa di ambil hikmah dari bulan muharram ini mulai dari sejarah para nabi hingga awal di perintahnya puasa asyura pada tanggal 10.

Selain itu juga keunggulan dari bulan muharram ini karena di jadikan sebagai awal dan akhir tahun dalam perhitungan hiriyah sehingga banyak juga di jadikan waktu untuk perayaan tahun baru agama islam. Tetapi keluar dari hal tersebut pada bulan muharram ini terdapat beberapa anjuran yang senantiasa harus di lakukan oleh umat muslim berupa amalan sunnah terutama pada tanngal 10 puasa muharram yang di kenal dengan asyura serta tasu'a pada tanggal sembilannya.

Perintah dari pelaksanaan puasa asyura tanggal 10 bulan muharram ini tidak lepas dari hadits nabi yang memerintahkan umatnya untuk melaksanakan puasa, yang berawal ketika baginda rosul saw sedang berada di kota madinah dan mendapati kaum yahudi berpuasa karena mengikuti nabi musa as, dengan alasan berupa tanda syukur karena di selamatkannya mereka dari kejaran fir'aun. Melihat hal ini maka nabi pun berpuasa serta menyuruh umat berpuasa.

Doa Niat puasa Sunnah 9 Dan 10 Di Bulan Muharram Tasu'a Asyura 2018

Jika di banding dengan puasa sunnah lainnya puasa pada bulan muharram ini sangat memiliki keutamaan lebih di unggulkan, bahkan dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa pahala dari puasa 10 muharram menghapus dosa setahun yang sudah lalu. Selain itu juga pernah ada pendapat ulama bahwa puasa ini pernah di hukumi wajib tetapi semenjak ada perintah puasa pada bulan ramadhan hukum wajib tersebut di ganti menjadi sunnah, dari sini bisa terlihat bahwa puasa muharram benar=benar sangat istimewa.

Niat Puasa 9 Muharram

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالٰى

Latin : Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala

Artinya : Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Niat Puasa 10 Muharram

نَوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَسُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالٰى

Latin : Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala

Artinya: Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala

Memang pada awalnya baginda nabi saw hanya memerintahkan puasa pada tanggal 10 muharram atau di kenal dengan asyura, namun karena jika di lakukan hanya pada waktu tersebut puasa tersebut menyamai orang yahudi, lantas nabi pun berniat tahun yang akan datang untuk puasa serta tanggal 9 nya yang di kenal sekarang dengan tasu'a. namun belum juga sampai pada tahun selanjutnya nabi sudah meninggal dunia.

Melihat ulasan artikel di atas mengenai doa niat puasa sunnah 9 dan 10 di bulan muharram tasu'a asyura 2018 bisa di ambil kesimpulan bahwa puasa muharram ini memiliki hukum sunnah serta memiliki keutamaan luar biasa. Dengan begitu sayangs ayang apabila umat islam tidak bisa melaksanakannya terlebih lagi mengingat muharram hanya datang satu tahun sekali, silahkan hafal dulu niatnya di atas lalu jangan lupa melaksanakan pada waktunya.