-->

Materi Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Amalan Bulan Rajab 2020

Rajab adalah bulan yang tepat untuk di jadikan sebagai waktu memberikan pengetahuan kepada sesama umat muslim agar mereka semua senantiasa meningkatkan amal ibadahnya terutama yang berkaitan dengan sholat lima waktu. Oleh sebab itu alangkah tepat apabila seorang penceramah atau khatib jum'at ketika bulan rajab tiba mengambil tema ceramahnya dengan sesuatu yang berkaitan dengan bulan tersebut agar lebih menyentuh dan menjadi peringatan bagi para jamaahnya.

Banyak sekali materi yang bisa menjadi rangkuman dari isi ceramah seorang khatib tentang sesuatu yang berkaitan dengan bulan rajab, seperti kisah dan hikmah isra mi'raj baginda nabi saw, mengenalkan atau menyuruh meningkatkan amalan puasa sunnah, mengajarkan niat puasa rajab dan masih banyak yang lainnya. Karena pada dasarnya orang-orang suka lupa terhadap sesuatu apabila tidak terus menerus di ingatkan, dan hal ini tentu menjadi tugas dari seorang penceramah agama.

Perlu di ingat juga bahwa yang menjadikan rajab sebagai bulan mulia tidak hanya sebatas karena bulan ini masuk pada bulan ke empat bulan haram yang di anjurkan untuk di isi oleh amal kebaikan, tetapi juga kisah isra mi'raj menjadi bukati dari keitimewaan bulan rajab. Untuk itu bagi kalian para khatib yang sedang mencari rekomendasi materi untuk khutbah jum'at, di bawah ini di sajikan sebuah contoh yang bisa di pelajari serta di kembangkan lebih jauh agar lebih menarik

Khutbah Jum'at Bulan Rajan Tentang 3 Amalan Penting

Khutbah Jumat Bulan Rajab

Jamaah Shalat Jumat Yang Dimuliakan Allah

Rajab Berasal dari kata tarjib yang mempunyai makna mulia serta agung, dimana allah swt menjadi rajab ini sebagai bulan mulia dan penuh keitimewaan dibanding dengan bulan lainnya yang menyandang predikat mulai yaitu dzulhijjah, muharram dan dzulqa'dah. Tibanya bulan rajab 2020 1441 H ini tentunya menjadi hal yang harus di syukuri sebagai nikmat besar, karena bulan rajab ini termasuk bulan yang penuh rahmat, anugrah serta kebaikan dari allah, bahkan berbagai amal ibadah dan kebaikan di lipat gandakan pahalanya.

Keitimewaan serta kemuliaan bulan rajab semakin terlihat sempurna dengan hadirnya sebuah peristiwa agung berupa isra dan mi'rajnya baginda nabi muhammad saw dari masjidil haram ke masjidil aqsha lalu menuju sidratil muntaha. Dalam kisah pejalanan isra mi'raj ini selain banyak sekali kisah menarik dari keagungan dan kebesaran allah swt, juga menjadi peristiwa penting ketika pertama kali di wajibkannya shalat lima waktu, yang saat ini selalu di kerjakan oleh kita semua sehari semalam.

Allah SWT Berfirman dalam surat al-isra' ayat 1

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya : Maha-Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsho yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Peristiwa dari isra dan mi'raj baginda nabi saw yang terjadi pada bulan rajab menjadi bukti juga menambah kemuliaan bulan tersebut, apalagi jika melihat peristiwa ini berhubungan dengan salah satu kewajiban utama umat islam yaitu shalat. Lalu bagaimana caranya kita semua sebagai umat muslim dalam menyambut bulan rajab tersebut, tentunya harus di isi dengan berbagai amal kebaikan terutama meningkatkan peribadahan, setidak ada 3 hal yang mesti di tingkatkan dalam bulan rajab ini.

1. Puasa Sunnah

Salah satu amalan sunnah yang di anjurkan untuk senantiasa di laksanakan pada waktunya adalah puasa, puasa sunnah memiliki keitimewaan lebih di amalan amalan sunnah lainnya termasuk juga dalam hal pahala. Sedangkan bulan rajab sendiri tergolong bulan yang di muliakan dimana pada bulan tersebut di anjurkan untuk meningkatkan amal ibadah salah satunya dengan berpuasa sunnah. Mengenaik pelaksanaan waktu puasa rajab boleh di lakukan sejak tanggal 1, namun dalam hal waktu puasa rajab para shabat menentukan hukum makruh apabila di kerjakan penuh, berarti puasa ini hanya di lakukan beberapa hari saja. Adapun salah satu di antara dalil yang menjadi rujukan berpuasa rajab yaitu.

حدثنا عثمان بن حكيم الأنصاري، قال: سألت سعيد بن جبير عن صوم رجب ونحن يومئذ في رجب، فقال: سمعت ابن عباس رضي الله عنهما يقول: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر، ويفطر حتى نقول لا يصوم

Artinya, "Utsman bin Hakim al-Anshari berkata, ‘Saya pernah bertanya kepada Sa’id Ibnu Jubair terkait puasa Rajab dan kami pada waktu itu berada di bulan Rajab. Said menjawab, ‘Saya mendengar Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW berpuasa (berturut-turut) hingga kami menduga Beliau SAW selalu berpuasa, dan Beliau tidak puasa (berturut-turut) sampai kami menduga Beliau tidak puasa,’” (HR Muslim).

Jamaah Shalat Jumat Yang Dimuliakan Allah

2. Shalat 5 Waktu Tepat Pada Waktunya

Shalat lima waktu adalah yang pertama kali di perintahkan kepada baginda nabi saw ketika beliau sedang isra mi'raj yang terjadi pada bulan rajab serta kewajiban ini masuk dalam salah satu rukun islam yang 5. Kewajiban shalat tenetu telah di pahami oleh semua umat muslim bahkan sejak mereka anak-anak telah di beri pemahaman tentang kewajiban ini oleh orang tuanya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, ternyata tidak sedikit dari kita semua yang mengabaikan waktu shalat seperti mengakhirkan waktu untuk sholat dan lain sebagainya, padahal sebaik-baiknya perbuatan adalah shalat tepat pada waktunya.

عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا »

Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud)

3. Rajab Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Bertobat Meninggalkan Maksiat

Meninggalkan maksiat atau perlakuan buruk serta segera bertobat, sebenarnya harus di lakukan sesegera mungkin ketika saat itu mengerjakan kejelekan harus segera bertobat. Kapan dan dimanapun melakukan kejelekan cepatlah untuk bertobat dari maksiat tersebut pada waktu itu juga. Namun permasalahannya orang-orang sering lupa dengan kata taubat tersebut entah itu karena menganggap dosa itu kecil atau entah apa penyebabnya. Nah dengan tibanya bulan mulia yang penuh dengan keberkahan ini, apalagi sebentar lagi menjelang ramadhan, maka mari mulai saat ini kembali kepada kebajikan serta meningkatkan amal ibadah agar selamat dunia dan akhirat.

Kesimpulannya bahwa bulan rajab ini termasuk bulan mulai yang di anjurkan untuk di isi dengan kebaikan terutama untuk di jadikan waktu mengoreksi dan memperbaiki segala kekurangan. Adapun amalan yang harus di tingkatkan dalam bulan rajab ini di antaranya seperti puasa sunnah, sholat lima waktu dan bertaubat. Semoga allah swt menjadikan bulan ini penuh dengan keberkahan dan memberikan kita semua kesempatan untuk bertemu dengan bulan ramadhan, akhir kata bagi kalian yang masih memiliki hutang puasa wajib, maka segeralah qadha pada bulan ini sebab tinggal menghitung hari akan datang lagi bulan puasa ramadhan.

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Contoh teks dari ringkasan khutbah jumat bulan rajab di atas hanya sebatas rekomendasi yang bisa kalian kembangkan lebih luas lagi, ada banyak perihal yang berhubungan dengan rajab yang bisa di jadikan materi menarik dalam berkhutbah termasuk hukum dari puasa pada bulan rajab. Dari kami hanya di cukupkan sekian dan semoga pembahasn mengenai rangkuman materi khutbah jumat tentang keutamaan amalan bulan rajab 2020 bermanfaat bagi para pembaca semua.