Malam Nisfu Syaban 2022 1443 H Jatuh Pada Tanggal Berapa

Malam Nisfu Syaban 2022 1443 H Jatuh pada tanggal Berapa - Tinggal beberapa saat lagi kita semua akan di pertemukan dengan bulan syaban tahun ini selanjutnya masuk pada ramadhan yang selalu di tunggu-tunggu kehadirannya oleh semua umat muslim. Bulan sya'ban ini termasuk bulan mulia, bukan karena sebatas adanya pelaksanaan puasa sunnah yang memiliki keutamaan lebih, tetapi juga terdapat sebuah malam yang di yakini memiliki keunggulan yaitu malam nisfu syaban atau pertengahan bulan tersebut.

Ketika malam nisfu sya'ban datang, di anjurkan untuk menghidupkannya dengan amalan-amalan baik seperti sholat sunnah, mempernyak beristighfar berdzkir, membaca doa, membaca surat yasin dan lain sebagainya. Pada malam nisfu sya'ban allah swt mengampuni dosa orang yang meminta ampunan, mengasihi orang meminta di kasihi dan seterusnya, akan tetapi tidak ada ampunan dosa bagi orang-orang yang dalam hatinya masih tersimpan sifat munafik dan musyrik, maka dari itu bersihkan diri dan hati agar dosa di ampuni.

Mengingat keutamaan yang luar biasa, maka mengatahui kapan tibanya malam nisfu sya'ban sangat penting sekali agar bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak ketinggalan mengisinya dengan kebaikan. Jika melihat dari kalender hijriyah tahun ini maka bisa di pastikan bahwa Nisfu Sya'ban 1443 H Jatuh Pada Tanggal Malam / Hari Jum'at Tanggal 18 Maret 2022. Namun kendati kita semua sudah mengetahuinya melalui kalender hijriyah, untuk yang lebih pasti, alangkah baik jika menunggu rukyatul hilal kemenag dalam penentuan awal bulan bulan sya'ban.



Penentuan penanggalan kalender hijriyah ini memang selalu tidak menjadi kepastian, terkadang antara penanggalan kalender yang sudah beredar berbeda dengan hasil rukyatul hilal pemerintah, seperti sering menemukan ketika memasuki awal bulan ramadhan. Tidak heran juga jika hal ini terjadi, karena penanggalan hijriyah berhubungan dengan peribadahan umat muslim, sehingga penentuannya harus sangat hati-hati, selain itu penampakan hilal juga susah di prediksi dari jauh-jauh hari.

Sampai disini maka sudah mengetahui kapan kira-kira malam nisfu sya'ban tiba, sekarang apa saja amalan yang di anjurkan untuk dilaksanakan pada waktu tersebut, ada banyak sekali amalan sunah yang bisa di lakukan misalnya sholat sunnah malam atau tahajud, sholat sunnah taubat, sholat hajat, sholat tasbih, memperbanyak dzikir, berdoa, membaca surat yasin dan amalan-amalan lainnya. Jangan sampai keta ketinggalan untuk menghidupkan malam nisfu sya'ban, agar mendapatkan keberkahannya.

Selain mengisi malam nisfu sya'ban dengan amalan sunnah, harus di ingat juga bahwa puasa pada bulan sya'ban sangat di anjurkan, bahkan dalam beberapa keterangan nabi saw menjalankan puasa pada bulan syaban lebih banyak di banding puasa sunnah lainnya. Ini menunjukan bahwa puasa sunnah pada bulan sya'ban memiliki keutamaan lebih, yang tidak bisa di dapatkan bulan lain, sehingga nabi saw pun memjalankannya lebih banyak, bahkan dalam beberapa keterangan pernah sampai 1 bulan.

Namun mengenai puasa sya'ban ini, kalangan madzhab syaf'i hanya menjalankannya sampai tanggal 15 atau sampai nisfu sya'ban terkecuali ada syarat tertentu, misalnya boleh berpuasa tanggal 16 jika di sambung tanggal 15nya dan seterusnya, juga boleh berpuasa jika sudah terbisasa puasa sunnah mislnya terbiasa puasa senin kamis atau dawud, selain itu juga puasa qadha masih bisa di kerjakan. Pendapat kalangan madzhab syafi'i ini tentunya bersumber daari hadits shahih yang menyatakan puasa sampai tanggal lima belas.

Pembahasan ini insyaallah bermanfaat bagi kita semua, sementara untuk hal-hal lain yang lebih jelasnya bisa di lihat langsung pada artikel yang telah kami sajikan sebelumnya. Itulah uraian tentang informasi malam nisfu syaban 2022 1443 h jatuh pada tanggal berapa dan hari apa. Sekarang mari kita sama-sama untuk menunggu dan mendengarkan informasi dari pihak kementrian agama kapan tanggal 1 bulan sya'ban tahun ini, semoga saja tidak ada perbedaan dengan penanggalan kalender hijriyah.